229 Gempa Bumi Guncang Maluku Dalam Sebulan, Hanya 7 yang Dirasakan

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Provinsi Maluku tercatat merupakan salah satu wilayah rawan gempa di Indonesia.

Buktinya setiap tahun ribuan gempa bumi mengguncang wilayah kepulauan yang terletak di bagian timur Indonesia ini.

Disepanjang bulan April 2021 saja, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon mencatat ada sebanyak 229 kali gempa bumi mengguncang wilayah Maluku.

Dari data yang diterima Kampiun.co.id, gempa yang terjadi di Maluku sepanjang April 2021 didominasi oleh gempa bumi dangkal yakni sebanyak 132 kali.

Gempa dangkal biasanya terjadi dengan kedalaman gempa berada kurang dari 60 km dari dalam bumi atau di bawah permukaan laut.

Sedangkan gempa dengan kedalaman 60-300 km terjadi sebanyak 90 kali dan gempa di atas 300 km hanya terdeteksi sebanyak tujuh kali.

Adapun dari 229 kali gempa itu, sebanyak empat kali gempa berkekuatan diatas 5 magnitudo. Selanjutnya gempa berkekuatan 3-5 magnitudo sebanyak 67 kali dan gempa dengan kekuatan di bawah 3 magnitudo sebanyak 158 kali.

Meski ada ratusan kali gempa yang mengguncnag wilayah Maluku dalam sebulan terakhir, namun dari  banyak gempa yang terjadi itu hanya delapan kali gempa yang diraskaan, salah satunya di Kairatu baru-baru ini.

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Baca Juga :   Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Nusalaut, Maluku Tengah

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (KQQ)

 

Baca Juga :   Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Nusalaut, Maluku Tengah
229 Gempa Bumi Guncang Maluku Dalam Sebulan, Hanya 7 yang Dirasakan

Berita Terkini

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Jalan Jenderal Sudirman

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kemacatan parah terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Rabu malam (12/5/2021).Kemacetan parah yang terjadi di malam takbiran...

Berita Terkait