14 Calon Komisioner KPID Maluku Jalani Fit and Proper Test di DPRD

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Sebanyak 14 calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Maluku, menjalani uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test), di Baileo Rakyat Karang Panjang Ambon, Kamis (27/5/2021).

14 calon ini nantinya akan disarinng menjadi 7 orang guna menjalankan tugas sebagai anggota KPID di wilayah Provinsi Maluku.

Sebelumnya, mereka diseleksi oleh Tim Seleksi (Timsel) dan kini diserahkan untuk menjalani Fit and Proper Test, di Komisi I DPRD Maluku.

Rully Puturuhu, Anggota Timsel Calon KPID Maluku menjelaskan, 14 calon ini sebelumnya menjadi tanggungjawab mereka dalam proses penyeleksian.

Dia menjelaskan, berdasarkan PKPI 14 2018 dan UU 32 2002 menegaskan, kewenangan untuk melakukan Fit and Proper Test menjadi tanggungjawab DPRD Maluku.

“Kami Timsel sudah menyeleksi dan tersisa 14 calon. Calon-calon ini nantinya akan diseleksi DPRD menjadi 7 nama berdasarkan perengkingan. Jadi kewenangan sepenuhnya sudah menjadi tanggungjawab DPRD untuk mengumumkan 7 nama terpilih,” kata Puturuhu kepada Kampiun.co.id.

Anggota KPID Maluku ini juga mengatakan, sebelumnya sudah melakukan penyeleksian, mulai dari tahapan administrasi, uji kompetensi, tertulis, psikotes dan wawancara.

“Tahapan terakhir adalah Fit and Proper Test yang dilakukan DPRD Maluku,” katanya.

Baca Juga :   Hasil Seleksi KPID Maluku, Amir Rumra: Kegagalan adalah Kesuksesan yang Tertunda

Dia berharap, calon terpilih nanti bisa menjalankan tugas sepenuhnya, serta mengedepankan integritas dan moralitas. Karena sebagai regulator penyiaran memiliki tugas mengawasi dan memberikan sanksi terhadap pelanggaran-pelanggarn isi siaran.

“Sekaligus melakukan proses perizinan dan membantu pengaturan infrastruktur. Saya kira apa yang belum dilakukan kemarin, biarlah menjadi pekerjaan rumah bagi komisioner yang baru terpilih nanti,” harapnya.

Diakhir komentarnya dia mengatakan, harapan masyarakat bahwa prekuensi adalah milik publik, harus benar-benar diperjuangkan oleh komisioner terpilih. (DBA)

Baca Juga :   Perjuangkan Pembangunan Infrastruktur, DPRD Maluku Temui Komisi V DPR RI, Hasil Pertemuan Sudah di Tangan Menteri

Berita Terkini

Pratu BK yang Pukul KO 2 Polisi di Pos Mutiara Itu Petinju?, Ini Penjelasan Kodam

Oknum TNI yang Berkelahi dengan Polisi Dibilang Petinju, Begini Penjelasan Kodam Pattimiura AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sejumlah foto dan video Pratu BK, oknum TNI...

Berita Terkait