10 Ribu Mahasiswa Unpatti Ambon Terancam Drop Out

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 10.000 mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon terancam dikeluarkan dari kampus alias drop out di tahun ini.

Ribuan mahasiswa itu terancam tidak bisa lagi kuliah di Universitas terkemuka di Maluku itu karena berbagai masalah. Salah satunya masalah utama yakni karena banyak dari mahasiswa ini belum menyelesaikan studi  hingga batas akhir yang menyebabkan mereka terkatung-katung di kampus.

Rektor Universitas Pattimura Ambon, Prof. Dr. M. J. Saptenno mengatakan kebijakan mengeluarkan ribuan mahasiswa dari kampus itu akan mulai dilakukan dalam waktu dekat.

“Dalam waktu satu atau dua bulan kedepan, saya akan DO-kan mahasiswa yang sudah lewat itu,” kata Sapteno saat pelantikan Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unpatti Ambon, Senin (24/5/2021).

Jumlah mahasiswa yang terdaftar di Universitas Pattimura saat ini berjumlah 33.000 orang.

Menurut Sapteno dari jumlah itu, hanya 23.000 mahasiswa yang menjalankan aktifitas akademik di kampus sedangkan sisanya 10.000 mahasiswa tidak aktif alias tidak pernah beraktifitas di kampus.

“Dari  33 ribu mahasiswa yang terdaftar hanya 23 ribu mahasiswa yang aktif dan sisanya tidak aktif lagi dan tak tahu kemana,” katanya.

Baca Juga :   Kubu Moeldoko Keok, 11 Penghianat Partai Dari Maluku yang Ikut KLB Deli Serdang 'Dieksekusi'

Sesuai aturan yang berlaku, batas studi bagi mahasiswa di Universitas Pattimura Ambon hanya selama tujuh tahun. Dengan begitu para mahasiswa yang masuk pada tahun 2013 ke bawah bakal terancam dikeluarkan.

“Mungkin ada yang sudah pergi atau tidak tahu dimana lagi. Tapi data mereka itu masih mengambang di PD Dikti dan itu menganggu sekali,” tambahnya.

Ia pun mengingatkan seluruh pejabat berwenang di Universitas Pattimura dan fakultas agar segera mendata para mahasiswa yang sudah tidak aktif lagi agar segera ditindaklanjuti.

“Jadi tolong di tanya selengkapnya dengan baik datanya. Jadi tanggung jawab bapak ibu dalam melaksanakan ini juga banyak sekali,” katanya. (KCI-2)

Baca Juga :   Lagi Asyik Main Judi, Kadispora dan Anggota Polisi Digrebek, Kini Nginap di Polres MBD

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait