Wakasihu Jadi Lokasi Pengamatan Hilal, Malam Ini Rapat Isbat Penentuan 1 Ramadhan Diputuskan

Baca Juga

AMBOM,KAMPIUN.CO.ID-Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku akan menggelar pemantauan hilal di Desa Wakasihu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

Pantauan hilal merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menentukan awal bulan Ramadhan yang akan diputuskan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam sidang isbat.

Kepala Kanwil Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis mengatakan pemantauan hilal di Wakasihu akan dilakukan Senin (12/4/2021) pukul 18.30 WIT.

Jamaludin mengatakan pemantauan hilal di Wakasihu akan dilakukan bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon.

“Sebentar kita dengan BMKG memantau hilal di Desa Wakasihu, pemantauan mulau dilakukan Pukul 18.30 WIT,” kata Jamaludin kepada wartawan, Senin.

Selain BMKG, sejumlah instansi terkait lainnya seperti Pengadilan Agama, Ormas Islam dan tim Rukyatul Hilal dari IAIN Ambon juga ikut dilibatkan.

“Untuk tahun ini tim Rukyatul Hilal dari IAIN Ambon juga ikut memantau hilal,” ujarnya.

Jamaludin mengimbau umat Islam di Maluku, agar dapat memanfaatkan bulan suci Ramadhan untuk lebih meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT.

Ia juga mengingatkan umat islam di Maluku agar tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kepada segenap umat islam.di Maluku mari kita tingkatkan amal ibadah di bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan ini, dan mari tetap menjaga protokol kesehatan,” ajaknya.

Baca Juga :   Bupati Abua Tuasikal Minta Pempus Tutup Tambang Emas di Tamilow

Sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1442 Hijriah akan digelar Kementerian Agama mulai Senin (12/4/2021) sore ini.

Kepastian soal pelaksanaan sidang isbat pada hari ini disampaikan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam keterangan resmi yang diteriima.Kampiun.co.id, Senin (12/4/2021).

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam Agus Salim menyebutkan, sidang isbat akan digelar dalam tiga tahapan, dimulai pada pukul 16.45 WIB.

Baca Juga :   Dikira Bangkai Hewan Ternyata Jasad Wanita Tanpa Busana, Danu dan Faisal Langsung Kabur

Berikut tiga tahapan pelaksanaan sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1442 H:

Pertama, pada pukul 16.45 WIB, akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Kedua, setelah shalat maghrib, akan digelar sidang isbat awal Ramadhan. Tahap ini digelar secara tertutup.
Ketiga, akan digelar konferensi pers penyampaian hasil sidang isbat oleh Menteri Agama.

Pelaksanaan sidang isbat di antaranya akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, Dubes negara sahabat, perwakilan ormas, Lapan, BMKG, dan undangan lainnya.

Selain itu, akan hadir pula perwakilan ormas Islam, seperti NU, Muhammadiyah, Persis, dan Al Washliyah. (KQQ)

Wakasihu Jadi Lokasi Pengamatan Hilal, Malam Ini Rapat Isbat Penentuan 1 Ramadhan Diputuskan

Berita Terkini

Danrem 151 Binaiya Ingatkan Personil Waspadai Berita Hoax dan Bijak Dalam Menggunakan Sosial Media

AMBON, KAMPIUN.CO.ID - Komitmen Komandan Korem (Danrem)151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P Ritiauw membina dan membentuk prajurit agar selalu mempunyai...

Berita Terkait