Unpatti Ambon Jejaki Kerjasama dengan Pemerintah Selandia Baru

Baca Juga

 

AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon melalui Fakultas Teknik menjejaki kerjasama terkait proyek Listrik Tenaga Surya dengan Pemerintah Selandia Baru. Kerjasama ini untuk pengembangan laboratorium.

Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Teknik Unpatti Ambon, Dr. W. R. Hetharia, Senin (13/4/2021).

“Fakultas Teknik Unpatti sedang melakukan pengembangan Laboratorium Kerjasama dengan Pemerintah Selandia Baru dalam Proyek Listrik Tenaga Surya,” katanya

Laboratorium ini, kata dia, nanti akan dikembangkan sebagai salah satu pusat pelatihan atau training center di Fakultas Teknik.

Hetharia mengatakan, saat ini masih dalam proses pemasangan peralatan laboratorium yang disediakan oleh NZ-Mates.

Dia menjelaskan, selain dipergunakan sebagai kegiatan Tridarma, laboratorium tersebut juga akan dikembangkan untuk komersil.

“Untuk sementara waktu kita masih berproses dengan tujuan Tridarma dulu, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, proyek Listrik Tenaga Surya yang merupakan kerjasama antara Fatek Unpatti dengan Pemerintah Selandia Baru sudah sejak 2 tahun lalu.

“Waktu itu ada inisiasi antara Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta dengan Unpatti, jadi kami salah satu spot yang disediakan oleh Pemerintah Selandia Baru,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, Listrik Tenaga Surya yang dipasang seputar daerah Maluku, dalam beberapa tahun mengalami kerusakan. Tetapi persoalan yang ada yaitu kurangnya tenaga ahli.

“Jadi tujuan kita sekaligus juga itu para stekholder. misalnya ada masukkan di satu desa dengan kapasitas 20 unit atau beberapa unit, minimal ada satu orang yang nanti dikirim ke sini untuk mengikuti pelatihan. Jadi tujuan kita seperti itu,” pungkasnya (K-2)

Unpatti Ambon Jejaki Kerjasama dengan Pemerintah Selandia Baru

Berita Terkini

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Jalan Jenderal Sudirman

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kemacatan parah terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Rabu malam (12/5/2021).Kemacetan parah yang terjadi di malam takbiran...

Berita Terkait