Tak Layak, Tenaga Medis Puskesmas Tomalehu Tolak Masuk Gedung Baru

Baca Juga

 

AMBON,KAMPIUN.COM.ID– Pembangunan gedung baru Puskesmas Tomalehu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat oleh Dinas Kesehatan setempat dinilai jauh dari harapan. Hal tersebut terlihat dari infrastruktur bangunannya yang sama sekali tidak memadai.

Akibatnya, tenaga medis setempat menolak masuk dan beroperasi di gedung baru tersebut. Selain gedungnya yang buruk, sejumlah fasilitas di dalam gedung baru itu juga tidak ada. Padahal Puskesmas itu dibangun dengan anggaran cukup besar.

Sebesar Rp4,4 milyar lebih dianggarkan untuk pembangunan gedung baru itu, namun tidak memiliki paving block. Pagar yang dibangun pun tidak memenuhi standar. Selain itu ada beberapa fasilitas lain yang dinilai jauh dari harapan sebuah puskesmas rawat inap.

“Gedung dibangun dengan anggaran Rp4 milyar lebih. Hasil tidak maksimal, bahkan tidak sesuai dengan standar bangunan sebuah puskesmas rawat inap,” kata salah satu tenaga medis yang enggan namanya diberitakan Kampiun.co.id, Jumat (16/4/2021).

Data diterima menyebut, gedung baru Puskesmas Tomalehu ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp4,4 milyar lebih. Kategori pekerjaannya adalah kontruksi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat dan satkernya Dinas Kesehatan setempat.

Anehnya dengan anggaran sebesar itu, berbagai fasilitas tidak memadai, bahkan untuk pemasangan listrik saja harus menjadi tanggungan bersama antara pihak Puskesmas Tomalehu dan Dinas Kesehatan Seram Bagian Barat.

“Iya kita tambah Rp3.000.000, sementara dari Dinas Kesehatan Rp2.000.000,” kata sumber medis lainnya.

Dia juga ungkap, untuk pembebasan lahan saja menjadi tanggungan Pemerintah Desa Tomalehu. Konon Rp100 juta dikeluarkan dari kas desa untuk membayar dan membebaskan lahan tersebut.

“Iya untuk pembebasan lahan saja menggunakan dana dari desa. Sangat ironi, anggarannya miliaran rupiah, tapi bangunannya mengalami banyak kekurangan,” ujar sumber tersebut.

Hingga berita ini diterbitkan, Kepala Dinas Kesehatan yang dihubungi Kampiun.co.id belum memberi tanggapan apapun. (DBA)

Tak Layak, Tenaga Medis Puskesmas Tomalehu Tolak Masuk Gedung Baru

Berita Terkini

Danrem 151 Binaiya Ingatkan Personil Waspadai Berita Hoax dan Bijak Dalam Menggunakan Sosial Media

AMBON, KAMPIUN.CO.ID - Komitmen Komandan Korem (Danrem)151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P Ritiauw membina dan membentuk prajurit agar selalu mempunyai...

Berita Terkait