Shalat Tarawih Tetap Berjamaah, Bupati Abua: Ikut Anjuran Pemerintah, tapi Terapkan Prokes

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pemerintah mengizinkan pelaksanaan ibadah shalat tarawih berjamaah di masjid selama Ramadhan 2021.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah menganjurkan shalat tarawih berjamah di masjid harus memenuhi sejumlah aturan.

Kebijakan ini berbeda jika dibandingkan dengan Ramadhan 2020 lalu. Tahun lalu, pemerintah meminta shalat tarawih dilakukan di rumah.

Menyikapi kebijakan pemerintah itu, Bupati Maluku Tengah (Malteng), Tuasikal Abua, SH menyambutnya secara positif dengan ikut melaksanakan anjuran pemerintah itu. Hanya saja dalam kebijakan pemerintah itu pihaknya menghimbau masyarakat Maluku Tengah tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam melaksanakan ibadah shalat taraweh berjamaah di masjid.

” Anjuran pemerintah itu tetap kita laksanakan, tapi harus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, ” ujar bupati saat berbincang dengan Kampiun.co.id via telfon, Jumat (9/04/2021).

Kata Bupati, meski pemerintah sudah perbolehkan shalat taraweh berjamaah di mesjid selama ramadhan tahun 2021 ini, namun pihaknya tetap menghimbau masyarakat tetap terapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya, hal ini disampaikan dalam rangka upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerahnya.

Bupati mengatakan, dalam pelaksanaan ibadah shalat taraweh berjamaah di mesjid, pihaknya menghimbau agar setiap mesjid di Maluku Tengah dapat menyediakan fasilitas protokol kesehatan berupa tempat cuci tangan dan protokol kesehatan lainnya.

” Dan yang terpenting juga adalah jaga jarak itu, walau di Malteng ini ada terdapat mesjid yang tetap jaga jarak ada juga yang tidak, yang tidak jaga jarak tetap kita akan himbau, ” terangnya.

Lanjutnya, meski daerah Malteng saat ini kasus terpapar Covid-19 kecil bahkan tidak ada, namun pihaknya tetap sigap dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah terapkan protokol kesehatan, hal ini guna menghindari resiko penyebaran penyakit asal Wuhan ini.

” Memang kami di Malteng ini kasusnya kecil bahkan tidak ada, tapi ini virus. Kita tidak tahu kapan dia bisa serang kita, kita tidak mau ambil resiko, untuk itu kita terus himbau tetap disiplin tegakan protokol kesehatan, ” tandasnya.

Sementara itu pemerintah resmi mengumumkan diperbolehkannya ibadah shalat tarawih berjemaah di luar rumah pada Ramadhan 2021.

Kebijakan ini disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam konfensi pers usai rapat terbatas di Istana Negara, Senin (5/4/2021).

“Khusus untuk kegiatan ibadah selama Ramadhan dan yakni tarawih pada dasarnya diperkenankan atau diperbolehkan,” ujar Muhadjir dikutip dari siaran langsung konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden.

Dengan demikian, pelaksanaan shalat tarawih pada Ramadhan tahun ini boleh dilakukan di masjid atau tempat lain di luar rumah secara berjamaah. (KB/L)

Shalat Tarawih Tetap Berjamaah, Bupati Abua: Ikut Anjuran Pemerintah, tapi Terapkan Prokes

Berita Terkini

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Jalan Jenderal Sudirman

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kemacatan parah terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Rabu malam (12/5/2021).Kemacetan parah yang terjadi di malam takbiran...

Berita Terkait