Pulang Kampung, Bahlil Beri Motivasi ke Mahasiswa Banda: Harus Berfikir Jadi Pengusaha, Kalau Ingin Jadi PNS Mendingan Stop Kuliah

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia Bahlil Lahadalia kembali berkunjung ke tanah Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Banda bukanlah tempat yang asing bagi mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini.

Sebab Bahlil menghabiskan masa kecilnya di pulau penghasil rempah tersebut sebelum akhirnya ia dan keluarganya hijrah ke tanah Papua.

Dalam kunjungannya ke Banda pada Kamis (1/4/2021) itu, Bahlil berkesempatan memberi kuliah umum kepada mahasiswa di kampus Sekolah Tinggi Perikanan dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STP dan STKIP) Hatta Sjahrir-Banda Naira.

Bahlil lantas mengajak para mahasiswa di Banda agar dapat berfikir entrepreneurship atau berwirausaha ketimbang bermimpi menjadi seorang PNS.

Dengan berfikir entrepreneurship para mahasiswa akan lebih mandiri, dan akhirnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Bahlil pun menilai mahasiswa di Banda punya potensi sangat besar untuk berwirausaha daripada sekedar bermimpi menjadi PNS.

“Kalau cita-citamu ingin jadi PNS mendingan berhenti saja kuliah,” ujar Bahlil.

Bahlil memaparkan, saat ini terdapat tujuh juta pengangguran di indonesia, dan sebanyak 2,9 juta angkatan kerja yang siap menerima lapangan pekerjaan.

Baca Juga :   Gubernur Ungkap Tiga Keistimewaan Banda Pada Pembukaan Festival Hatta-Sjahrir 2021

Selain itu ada sebanyak enam karyawan yang di PHK selama masa pandemi Covid-19.

Warga Indonesia yang masih membutuhkan pekerjaan juga tercatat sebanyak 16 juta orang.

Dengan kondisi tersebut, maka ia berharal agar kampus STP dan STKIP Hatta Sahrir-Banda Naira ikut berkontribusi untuk menghasilkan mahasiswa yang berjiwa entrepreneurship.

Sehingga lulusan perguruan tinggi di Banda tidak menjadi beban bagi negara karena mencetak pengangguran semakin panjang.

“Kampus ini jangan jadi beban negara karena hasilkan pengangguran intelektual baru, mahasiswa harus mulai sekarang berfikir entrepreneurship,” ungkapnya.

Ia pun berpesan kepada para mahasiswa Banda untuk tidak minder bersekolah di kampus STKIP dan STP Hatta-Sjarir, karena perguruan tinggi tidak pernah menjamin kualitas seorang mahasiswa melainkan mahasiswa itu sendiri.

Baca Juga :   Gubernur Ungkap Tiga Keistimewaan Banda Pada Pembukaan Festival Hatta-Sjahrir 2021

Bahlil sendiri sewaktu menjadi mahasiswa hanya berkuliah di sebuah kampus swasta di Jayapura yang sama sekali tidak begitu dikenal.

Namun kini setelah menjabat Kepala BKPM ia menjadi pemimpin bagi sejumlah deputi yang merupakan jebolan kampus terkenal di luar negeri.

“Jadi jangan pernah minder, dan mulailah berfikir besar menjadi pengusaha sukses,” katanya memberi motifasi. (KQQ)

Pulang Kampung, Bahlil Beri Motivasi ke Mahasiswa Banda: Harus Berfikir Jadi Pengusaha, Kalau Ingin Jadi PNS Mendingan Stop Kuliah

Berita Terkini

Pertamina Resmikan SPBU Kompak BBM Satu Harga di Kampung Baad Merauke

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebagai upaya untuk memberikan kemudahan akses masyarakat Kampung lokal Papua dalam mendapatkan energi yang berkualitas, PT Pertamina (Persero) dan...

Berita Terkait