Polisi Dalami Hubungan WN Belanda yang Ditangkap di Ambon Dengan Aktivitas RMS

Baca Juga

AMBOM,KAMOIUN.CO.ID-Aparat Polresta Pulau Ambon telah menetapkan WN Belanda, George David Franciscus sebagai tersangka terkait pemalsuan dokumen.

Warga negara Belanda itu ditetapkan sebagai tersangka sejak 24 Maret lalu.

Polisi bahkan memastikan kasus itu kini telah tahap I dan dalam waktu dekat akan segera dilimpahkan ke jaksa dalam tahap II.

Dengan kata lain kasus inin sebentar lagi akan segerea berproses di pengadilan.

Meski begitu aparat Polresta Pulau Ambon hingga kini masih terus mendalami aktifitas George David Franciscus Makatita selama berada di Kota Ambon.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang mengungkapkan pihaknya terus mendalami aktifitas WN Belanda itu termasuk soal dugaan keterkaitannya dengan kelompok Republik Maluku Selatan (RMS).

“Ada informasi seperti itu (hubungan dengan RMS) tapi kita masih dalami terus,” kata Leo kepada waratwan di Ambon, Rabu (7/4/2021).

Sesuai data dari pihak Imigrasi, George David Franciscus Makatita yang juga berdarah Maluku ini masuk ke Indonesia dan langsung menetap di Kota Ambon sejak Tahun 2013 lalu.

Dari informasi yang diterima, selama berada di Kota Ambon David kerap mengadvokasi masalah yang menimpa aktivis RMS di Maluku.

Baca Juga :   Soal Mayat Wanita Tanpa Busana, Polresta Ambon Minta Warga yang Merasa Kehilangan Anggota Keluarga Melapor

Dia juga kerap menghadiri sidang di pengadilan saat para aktivis RMS disidangkan.

“Soal keterkaitan itu (RMS) tapi alat bukti yang kita gunakan belum mengarah ke RMS, kita masih dalami terus,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, seorang WN Belanda David Franciscus Makatita ditangkap aparat Polresta Pulau Ambon karena memalsukan identitas dan sejumlah dokumen lainnya.

Dia bahkan mengantongi KTP Kota Ambon dan juga SIM dari Polresta Pulau Ambon.

David ditangkap pertengahan Maret 2021 lalu dan kini statusnya telah menjadi tersangka.

Baca Juga :   Palsukan Identitas, Seorang WN Belanda Ditangkap Polisi di Ambon

Penyidik telah melimpahkan berkas tersangka dalam tahap I ke kejaksaan dan dalam waktu dekat akan menyerahkan tersangka ke jaksa untuk proses hukum selanjutnya. (KPJ).

Berita Terkini

Jaga Kamtibmas di Bulan Ramadhan, Polsek Leihitu Razia Miras dan Masker

 AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), serta menciptakan suasana kondusif di bulan Ramadhan, Polisi Sektor (Polsek) Leihitu...

Berita Terkait