Napi Narkoba dan Petugas Rutan Ditangkap, Kakanwil Mengaku Pengawasan Sudah Maksimal

Baca Juga

AMBON,KAMOIUN.CO.ID-Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Maluku, Andi Nurka mengatakan pengawasan terhadap peredaran narkoba di Lapas dan Rutan Ambon sudah dilakukan maksimal.

Andi mengatakan untuk mencegah adanya peredaran narkoba di dalam Rutan dan Lapas pihaknya selalu melakukan razia dan edukasi untuk para napi di dua tempat tersebut.

“Jadi kita lekukan pengawasan selama ini ada dua, pertama tindakan prefentif dan kuratif. Tindakan kuratif itu yang selalu dilakukan ke dalam, tes urine bagi pegawai maupun narapidana,” ungkapnya kepada wartawan via telepon seluler, Rabu (7/4/2021).

Dia mengatakan selain memberi edukasi kepada para napi pihaknya juga rutin melakukan tes urine bagi semua warga binaan teemasuk para pegawai di Rutan dan Lapas.

“Pengawasan sudah maksimal. Kita lakukan sesuai standar operasional, kita razia ke kamar-kamar itu lalu berikan edukasi lalu tindakan preventif seperti yang dilakukan kemarin berasama BNN itu,” ungkapnya.

Ansi menegaskan pengawasan yangbdilakukan tidak hanya untuk para napi tapi juga untuk para pegawai Rutan dan Lapas.

Menurutnya sudah ada banyak pegawai yang diberi sanksi karena melakukan pelanggaran dan kelalaian.

Andi tidak menyebut jenis pelanggaran yang dibuat para pegawainya, namjn ia mengaku mereka yang melakukan pelanggaran banyak dipindahkan.

Baca Juga :   Rutan Ambon Minta Bantuan Densus 88, Dua Napi yang Kabur Bakal Tak Bisa Tidur Nyenyak

“Kita tidak akan melindungi anak buah yang melanggar, dari dulu saya bertugas di sini saya sudah pindahkan banyak petugas saya yang melanggar, kalau bikin kacau saya pindahkan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, petugas BNN Provinsi Maluku menangkap dua kurir narkoba bersama 50 gram sabu di kawasan Bandara Pattimura Ambon pada Senin (5/4/2021).

Dari hasil pengembangan petugas BNN dan petugas Kanwil Hukum dan HAM Maluku kemudian menangkap seorang narapidana kasus narkoba di Rutan Kelas II A Ambon.

Baca Juga :   Tak Terima Bandar Narkoba Ditangkap, Warga di Tual Rusak Mobil dan Hujani Petugas BNN dengan Batu

Selain menangkap dua kurir dan seorang napi narkoba, petugas BNN dan petugas Kanwil Hukum dan HAM juga ikut menangkap seorang pegawai Lapas Anak Ambon berinisial MC dan seorang pegawai Rutan Ambon IP.

Saat ini IP dan MC masih menjalani pemeriksaan di kantor BNN Provinsi Maluki. (KPL)

Berita Terkini

Tarawih Pertama di Masjid Alfatah Ambon Dipadati Jamaah, Prokes Tetap Jalan

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Masjid Raya Alfatah Ambon menggelar shalat tarawih perdana menjelang 1 Ramadhan 1442 Hijriah, Senin malam (12/4/2021).Shalat tarawih perdana ini...

Berita Terkait