Mendiang Glenn Fredly Sosok yang Berjasa Untuk Ambon dan Musik Indonesia

Baca Juga

 

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Setahun sudah penyanyi bersuara khas, Glenn Fredly, berpulang. Walau demikian, auranya tetap terasa, seakan dirinya masih ada di tengah-tengah keluarga, sahabat dan penggemarnya.

Ungkapan ini dikatakan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, saat memberikan sambutan dalam peringatan setahun kepergian Glenn Fredly, di M Bloc, Jakarta, Kamis kemarin (08/04/2021).

“Terasa sekali bahwa aura Glenn Fredly masih ada dan hidup di tengah-tengah kita. Saya mau bicara, saya rasa aura itu sedang melihat kita dan berharap agar generasi muda bisa menghidupkan dan mengembangkan ekosistem musik di Indonesia,” ujar Walikota berkaca-kaca.

Menurut Walikota, Glenn sangat berkontribusi dalam anugerah City Of Music bagi Kota Ambon oleh UNESCO.

“Saya bersyukur dan sangat berterima kasih kepada mendiang Glenn, karena kontribusinya luar biasa bagi Ambon, sehingga Ambon oleh Unesco sebagai City of music tingkat dunia,” ujarnya.

Walikota bilang, begitu banyak event-event musik nasional yang Glenn dorong ke Ambon, untuk mendapat justifikasi sebagai sebuah kota musik. Meski Glenn tidak menikmati itu, namun ide dan jasanya  selalu dikenang oleh Indonesia, khususnya Ambon.

Karena jasa-jasanya bagi Kota Ambon, maka Walikota didampingi Ketua DPRD, Elly Toisutta dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Rico Hayat, turut hadir dalam peringatan setahun meninggalnya Glenn Fredly, yang bertajuk Kasih di Hari Putih.

“Sebagai bentuk penghargaan akan jasa-jasa Glenn Fredly bagi Ambon, di saat yang sama, oleh para musisi dan para fans juga mengadakan talk show dan tabur bunga di Ambon,” bebernya.

Bahkan untuk mengenang jasa-jasanya, masyarakat memiliki keinginan, agar pemerintah kota Ambon mendirikan sebuah monumen Glenn Fredly. Monumen ini, kata Walikota, sebagai upaya menciptakan musik untuk potensi ekonomi kreatif.

“Kehidupan Glenn Fredly seperti apa yang dikatakan Chairil Anwar, bahwa hidup ini seperti pidato, yang penting bukan panjangnya, tapi isinya,” katanya mengutip.

Dia juga mengatkana, sosok Glenn telah memberikan implementasi yang luar biasa seperti obsesi yang dikatakan Chairil Anwar. Walaupun usianya pendek secara usia manusiawi, tetapi bobot kehidupannya telah memberikan arti yang luar biasa.

Perjuangan Glenn Fredly menurut Walikota, tidak sia-sia untuk musik Indonesia. Bahkan buah dari perjuangannya, kini mendapat tempat istimewa di negeri sendiri, dimana Presiden Jokowi telah mengeluarkan Keputusan Presiden, agar semua lagu-lagu yang dinyanyikan, wajib diberikan royalti kepada penciptanya.

Walikota berharap, istri almarhum, keluarga, dan sahabat-sahabatnya terus berjuang untuk menjadikan musik sebagai kekuatan ekonomi bangsa. (DBA)

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait