Maluku Rawan Gempa dan Tsunami, Buktinya Dalam Sebulan 273 Gempa Bumi Terjadi

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon mencatat sepanjang bulan Maret 2021 sebanyak 273 gempa bumi mengguncang wilayah Maluku.

Dari jumlah itu, sebanyak 183 gempa merupakan gempa bumi dangkal dengan pusat gempa berjarak 60 km di bawah permukaan laut.

Selanjutnya 80 gempa berstatus gempa bumi sedang dengan pusat gempa berjarak di atas 60 km hingga 300 km dari permukaan laut.

Sedangkan gempa dengan status dalam hanya 10 kali terjadi. Gempa dalam ini berjarak lebih dari 300 km di bawah permukaan bumi.

“Untuk kejadian gempa sepanjang Maret 2021 itu ada sebanyak 273 kejadian,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Ambon, Andi Azhar Rusdin kepada Kampiun.co.id, Kamis (1/4/2021).

Andi menjelaskan berdasarkan persentase magnitudo sebanyak 169 kali gempa berkekuatan di bawah 5 – 3 magnitudo.

Selamjutnya 99 gempa berkekuatan di bawah 3 magnitudo. Lalu ada lima kali kejadian gempa yang berkekuatan di atas 5 magnitudo.

“Dari 273 gempa yang terjadi hanya lima kali gempa yang dirasakan,” ujarnya.

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Baca Juga :   Prediksi Cuaca Hari Ini: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi hingga Siang

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (KQQ)

Baca Juga :   Gempa 4,3 Magnitudo Guncang Buru Selatan

Berita Terkini

Tarawih Pertama di Masjid Alfatah Ambon Dipadati Jamaah, Prokes Tetap Jalan

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Masjid Raya Alfatah Ambon menggelar shalat tarawih perdana menjelang 1 Ramadhan 1442 Hijriah, Senin malam (12/4/2021).Shalat tarawih perdana ini...

Berita Terkait