Lantik Mohdar Yanlua Jadi Rektor Unimma, Ini Pesan Strategis Ketua Majelis Diktilitbang Muhammadiyah

Baca Juga

 

AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Lincolin Arsyad resmi melantik Dr. Mohdar Yanlua sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku (Unimma) Periode 2020-2024.

Pelantikan yang digelar secara tatap muka dan virtual ini terpusat di Aula Unimma, kawasan Wara, Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Sabtu (10/4/2021).

Proses pelantikan dihadiri seluruh unsur pimpinan wilayah Muhammadiyah Maluku, termasuk Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang.

Lincolin Arsyad dalam sambutannya, mengingatkan Rektor Unimma dan jajaran akademiknya agar bersinergi serta mengelola kampus tersebut secara profesional maupun kualifaid.

Universitas Muhammadiyah di Indonesia, kata Arsyad, dikenal mandiri dan berkompeten dalam bidang pengembangan pendidikan. Tidak saja menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional di bidang keilmuannya, tapi lebih penting memiliki akhalakul kharimah yang baik, dan mampu menjadi motor penggerak pembangunan secara nasional.

Ia menjelaskan, hadirnya Unimma telah menambah angka Universitas Muhamadiyah di Indonesia, yang dikelola secara mandiri dengan total 165 Perguruan Tinggi.

Baca Juga :   Kepala BMKG RI Kunjungan Kerja ke Maluku

Atas dasar itu, ia berharap, seluruh pimpinan yang nanti bersama Rektor Unimma, dapat bersinergi membangun Unimma sebagai kampus yang unggul untuk pembangunan sumber daya manusia di wilayah Maluku, dan Indonesia Timur pada umumnya.

“InsyaAllah tidak lama lagi, kita juga akan melantik para wakil rektor untuk bersama-sama membangun kampus Unimma menjadi yang terdepan di daerah Maluku.” Katanya.

Dia mengatakan, kehadiran Unimma di Maluku jangan hanya menambah jumlah Perguruan Tinggi, namun lebih dari itu punya prospek pembangunan sumber daya manusia di Maluku yang lebih baik.

“Tentu, dengan penataan sistem akademik, pengelolaan birokrasi kampus yang didukung dengan tenaga profesional yang handal, serta memiliki integritas kemandirian dalam manajemen,” ujarnya.

Baca Juga :   Sambut Kedatangan Wapres di Ambon, Aparat Gabungan Disiagakan

Sebagai kampus baru, Unimma kata dia, harus tetap dikelola dengan manajemen yang baik. Sebab, Universitas Muhammadiyah sudah memiliki nama di masyarakat dalam hal mengelola pendidikan tinggi.

“Saya terharu dan bangga, sebab Unimma termasuk salah satu dari yang diusulkan ke DPP Muhammadiyah, yang dalam kurun waktu cepat direalisasikan pendiriannya. Saya kira, di tangan Rektor yang baru dilantik ini, dapat membawa Unimma menjadi kampus terbaik di wilayah Maluku,” harapnya.

Sekda Maluku Kasrul Selang saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Maluku Murad Ismail, menyambut baik kehadiran Unimma. Di mana, keberadaan Unimma menjadi kompetisi Perguruan Tinggi di Maluku, tentu dalam memberikan pelayan pendidikan tinggi berkualitas.

Dia menjelaskan, dalam ruang pembangunan dan kemajuan Maluku, program pendidikan sudah harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan karakteristik geografis, sehingga lulusan Perguruan Tinggi di daerah kepulauan ini, dapat menjadi pelopor dalam pengelolaan sumber daya alam.

Baca Juga :   Nakes di Maluku yang Sudah Vaksinasi Mencapai 95 Persen

“Yang pasti Pemerintah Daerah menaruh harapan besar kepada Unimma, karena Muhammadiyah memiliki perjalanan di dunia pendidikan tinggi yang cukup baik di Indonesia. Besar harapannya, Unimma dapat membawa Maluku pada level nasional bahkan internasional,” pungkasnya. (DBA)

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait