Kukuhkan Mahasiswa Sarjana FKIP Unpatti, Rektor: Jadi Seorang Guru Jangan Asal-asalan, Harus Punya Tanggunjawab Besar

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Rektor Unpatti Prof. Dr. M. J. Saptenno, M.Hum mengatakan, secara formal mahasiswa dikukuhkan sebagai sarjana dan pascasarjana tidak lantas proses pendidikan berhenti usai mendapatkan gelar. Sebab, proses pendidikan terus berlangsung sampai seumur hidup.

“ Saudara yang diluluskan pada suatu lembaga pendidikan tinggi yang di didik untuk menjadi seorang guru dan profesi guru, harus mempunyai tanggungjawab besar untuk menjadi seorang pendidik,” kata rektor dalam sambutannya pada acara pengukuhan lulusan sarjana (S1) Fakulats Keguruan dan Ilmu Pendidikan
(FKIP) Unpatti, Senin (19/04/2021).

Menurut Rektor, proses pendidikan yang dilaksanakan untuk menjadi seorang guru jangan asal-asalan, yang terpenting adalah menjadi seorang guru harus mempunyai rasa tanggungjawab yang besar.

Kata Rektor untuk mendapatkan profesi guru bukan satu pekerjaan yang mudah, profesi ini butuh perjuangan yang dimulai sejak masih berada di taman kanak-kanak (TK) hingga sampai dengan perguruan tinggi dengan mengorbankan waktu hingga biaya yang tidak sedikit.

” Menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang mulia karena memerlukan ketulusan hati dalam melaksanakan tanggung jawab untuk mendidik, ” terang Rektor.

Bahkan di negara yang maju kata rektor, guru mendapatkan posisi yang sangat penting dalam memiliki kedudukan yang mulia dimata masyarakat, karena kemajuan suatu negara juga ditentukan peran seorang guru.

Rektor dalam kesempatan itu juga berpesan, para lulusan agar jangan senantiasa berbangga dengan apa yang diraih hari ini tetapi bagaimana terus menerus mengasah kemampuan kompeten dalam bidang yang sudah ditekuni selama berada di pendidikan tinggi.

” Sabab dengan lulusan yang sangat banyak tentunya saudara dituntut untuk terus mengembangkan profesi secara formal untuk anda bisa berprofesi menjadi seorang guru, ” pesan Rektor.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon melaksanakan Pengukuhan dan Penggelaran  lulusan program sarjana (S1) dalam rangka wisuda sarjana, Pascasarjana dan provesi guru Periode april 2020-2021.

Pengukuhan lulusan sarjana (S1) FKIP Unpatti ini di ikuti sebayak 568 orang lulusan yang berlangsung di gedung student center FKIP Unpatti Ambon, senin (19/04/2021).

Kegiatan ini turut dihadiri Dekan FKIP Unpatti Prof. Izaak H. Wenno, M.Pd , Wakil Dekan FKIP, mahasiswa calon sarjana dan civitas akademik FKIP Unpatti. (KB-01)

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait