Jong Ambon FC Resmi Diperkenalkan ke Publik, Wawali: Sepak Bola Kota Ambon Segera Bangkit

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Satu lagi klub sepak bola asal Kota Ambon, Maluku diperkenalkan ke publik.

Sebelumnya pada 27 Januari 2021 lalu Maluku FC melalui pemiliknya memerkenalkan klub sepak bola yang bermarkas di Desa Laha tersebut.

Jong Ambon FC begitulah nama klub sepak bola yang resmi diperkenalkan Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler di Tribun Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Kamis (15/4/2021).

Acara peluncuran klub Jong Ambon FC itu ditandai dengan pelepasan balon oleh Wakil Wali Kota Ambon bersama Presiden Jong Ambon FC, Ronny Sapulette dan Ketua PSSSI Maluku Sofyan Lestaluhu.

Dalam sambutannya Syarif mengatakan banyak pemain nasional yang berasal dari Kota Ambon, sayangnya hingga saat ini belum ada satu pun klub asal Maluku khususnya Kota Ambon yang mampu tampil di kasta tertinggi persepakbolaan tanah air baik di liga I maupun liga II.

Ia berharap dengan hadirnya Jong Ambon FC, dunia sepak bola Kota yang sekian lama mati suri dapat kembali bangkit dari tidurnya yang panjang dan dapat mengharumkan Maluku di kanca persepakbolaan nasional.

Baca Juga :   Heboh Warga Dulang Emas di Pantai, Bupati Malteng: Pokoknya Ada Itu Barang

“Dengan hadirnya Jong Ambon FC, saya mempunyai harapan dan bahkan saya memiliki keyakinan yang kuat, persepakbolaan di Kota Ambon akan bangkit kembali,” kata Syarif.

Syarif menambahkan Provinsi Maluku khususnya Kota Ambon memiliki banyak sekali bakat pesepakbola yang andal. Namun banyak pemain asal Kota Ambon lebih memilih bermain di luar Maluku.

Ia mengakui kurangnya perhatian menjadi salah satu faktor utama dunia sepak bola di Kota Ambon tak pernah mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia.

Ke depan kata Syarif, dunia sepak bola di Kota Ambon harus menjadi perhatian semua pihak tidak hanya pemerintah, PSSI dan pemilik klub tapi juga semua pemangku kepentingan.

Baca Juga :   Penambang Liar Mulai Datangi Tamilow, 2 Orang Diusir, Bupati Malteng: Tidak Boleh Masuk Sembarangan

“Sepak bola di kota Ambon ini potensinya sangat besar tapi kurang mendapat perhatian, jadi mati suri saat ini Joung Ambon miuncul mari kita dukung. Sepakbola kita akan bangkit, bukan hanya tangung jawab Roni dan PSSI tapi semua staceholder,” ungkapnya.

Ia pun meyakini launcing Jong Ambon FC akan menjadi pertanda baik bangkitnya dunia sepak bola di Kota Ambon.

“Dilauncingnya Joung Ambon ini akan menjadi roh kebangkitan sepakbola Kota Ambon,” ujarnya.

Ketua PSSI Maluku, Sofyan Lestaluhu mengaku warga di Maluku selama ini sangat menaruh harapan ada klub asal Kota Ambon dan Maluku mampu bermain di kasta sepak bola nasional.

Ia pun berharap Jong Ambon FC yang baru diperkenalkan dapat mewujudkan harapan warga Maluku itu.

“Masyarakat selalu beeharap ada klub dari Ambon yang tampil di liga nasional, dan bisa bermain di Lapangan Karpan sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Baca Juga :   Gol Bunuh Diri 'Bunuh' Jerman di Kandang Sendiri

Ia mengaku Maluku sejak dulu selalu melahirkan pesepak bola ternama seperti Simson Rumapasal, Rocky Puttiray hingga Alfin Tuasalamony.

Karena itu audah saatnya Maluku dan Kota Ambon mengembalikan lagi kejayaan sepak bola Maluku yangnoernah ditorehkan PSA di kanca nasional.

“Mudah-mudahan launching di bulan Ramadhan ini akan membawa berkah bagi sepak bola di Ambon,” harapnya.

Sementara Presiden Jong Ambon FC Ronny Sapulette mengaku mengungkapkan, klub yang didirikannya tersebut sudah terbentuk sejak tahun 2020.

Jong Ambon FC sendiri berada di bawah naungan Yayasan Nanaku Sombar Maluku.

Saat ini klub Jong Ambon juga sudah terdaftar secara resmi di Kementerian Hukum dan HAM.

“Jong Ambon ini tidak muluk-muluk, kita beeharap sepak bola Kota Wmbon akan bangkit kembali,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu ia juga memyampaikan makna lambang dan nama dari Jong Ambon FC.

Baca Juga :   Bunuh Husein Suat, Erwin Nakul Dituntut 15 Tahun Bui

Menurutnya nama Jong Ambon FC terinspirasi dari perjuangan para pemuda Ambon yang terlibat dalam sumpah pemuda 28 Oktober 1928 silam.

“Jadi tanpa Jong Ambon dulu tidak akan ada sumpah pemuda dan tidak akan ada bangsa ini,” katanya.

Adapun untuk lambang klub Ambon FC terdapat dua sayap di sisi kiri dan kanan bola.

“Jadi sayap itu bentuknya mau terbang tinggi membawa bola, jadi itu simbol pretasi sepak bola akan terbang tinggi ke atas,” katanya.

Dalam kesempatan itu Ronny juga ikut memperkenalkan Manager Jong Ambon Fc yaitu Imanuel Manuputty dan pelatih kepala Jong Ambon FC Gafar Lestaluhu. (KCL).

Jong Ambon FC Resmi Diperkenalkan ke Publik, Wawali: Sepak Bola Kota Ambon Segera Bangkit

Berita Terkini

Berita Terkait