Hari Kedua Puasa, Buah Kelapa Muda Masih Jadi Menu Favorit Berbuka Bagi Warga Muslim di Ambon

Baca Juga

 

AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Tradisi berburu takjil atau makanan berbuka puasa nampaknya tidak akan pernah hilang meski di tengah pandemi Covid-19.

Di hari kedua puasa, lapak kelapa yang terletak di sepanjang ruas jalan IAIN hingga Kebun Cengkeh, Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, masih menjadi tempat favorit yang diburu warga sekitar.

Pada beberapa titik lain, seperti di kawasan Galunggung juga terjadi hal yang sama.

Hana (20) warga IAIN Ambon mengatakan, setelah seharian menahan lapar dan haus, tubuh perlu segera mendapatkan asupan cairan pengganti, dan itu bisa didapatkan pada air kelapa.

“Air kelapa memiliki cairan pengganti setelah seharian menahan lapar dan huas,” paparnya kepada Kampiun.co.id di sela-sela antrian panjang membeli kelapa, Rabu (14/4/2021).

Menurut Hana, air kelapa cocok dijadikan menu utama berbuka puasa, karena selain menghilangkan dahaga, juga mempunyai sejumlah manfaat yang didapatkan setelah mengonsumsinya.

“Saya sangat suka kelapa, bukan saja pada bulan puasa, tapi pada bulan-bulan lainnya pun tetap saya konsumsi,” terangnya.

Ia melanjutkan, selain mudah ditemukan diberbagai tempat, kelapa juga menyediakan banyak manfaat, yakni mampu membuat tubuh lebih segar, anti dehidrasi, dan kaya nutrisi.

“Air kelapa mampu menyuplai nutrisi untuk melancarkan puasa di hari-hari berikutnya,” tuturnya

Sementara Noval (20) pemuda Galunggung juga menuturkan, yang manis-manis memang sudah selayaknya menjadi pengantar berbuka puasa.

“Hampir semua orang yang menjalankan puasa, menyukai hidangan yang manis-manis sebagai pengantar berbuka puasa, termasuk buah kelapa muda,” bebernya.

Selain tersedia dan mudah ditemukan diberbagai penjuru kota, Lanjut Noval, harga buah kelapa tergolong sangat murah dan cocok untuk berbagai jenis kantong.

“Rp10.000 per buah, itu cukup murah. Apalagi kaya manfaat dan cocok dengan isi kantong,” tutup Noval. (K-3)

Hari Kedua Puasa, Buah Kelapa Muda Masih Jadi Menu Favorit Berbuka Bagi Warga Muslim di Ambon

Berita Terkini

Silaturahim, Kajati Maluku yang Baru Temui Kapolda

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Undang Mugopal menggelar kunjungan silaturahim ke Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri.Pertemuan antara dua petinggi...

Berita Terkait