Hadapi Ancaman Badai Siklon Tropis 94W, BPBD Maluku Siap Siaga, Warga Diminta Tetap Waspada

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi Maluku kini tengah melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan menghadapi potensi bibit Siklon Tropis 94W yang pengaruhnya hingga ke kepulauan Maluku.

Hal itu diungkapkan Kepala BPBD Maluku, Henry Far Far menyusul informasi BMKG yang mendeteksi adanya potensi Bibit Siklon Tropis 94W di Samudra Pasifik dari timur laut Papua yang berpotensi menguat menjadi siklon tropis yang mempengaruhi sebagian wilayah di Indonesia, termasuk di wilayah Maluku.

” Informasi dari BMKG itu sudah kami sampaikan keseluruh daerah kabupaten Kota di Maluku, dan meminta mereka tetap siaga, ” ujar Far Far kepada Kampiun.co.id via telfon Rabu (21/04/2021).

Kata dia, Langkah-langkah yang diambil menyususl surat edaran BMKG itu pihaknya telah membangun koordinasi intensif dengan BPBD di Kabupaten Kota di Maluku untuk selalu siaga dan responsif menghadapi dampak cuaca ekstrem yang kemungkinan ditimbulkan dari potensi bibit siklon tropis 94W ini.

” Untuk mengantisipasi adanya bencana, kami siapkan tim siaga yang langsung berkoordinasi bersama kabupaten dan kota,” tandasnya.

Dia juga menghimbau warga untuk waspada dan tidak melakukan aktifitas di areal yang rawan menimbulkan bencana. Sebab kata dia bibit siklon tropis ini berdampak langsung terhadap aktifitas warga baik dilaut maupun di darat.

” Ini kan soal cuaca, bisa terjadi sewaktu-waktu seiring perubahan cuaca, jadi bagi nelayan agar waspada, juga bagi yang beraktifitas di darat untuk tetap waspada, ” terangnya.

Karena menyangkut soal cuaca, warga perlu diperingatkan terkait dampak yang ditimbulkan dari badai tropis ini, seperti hujan lebat disertai angin kencang, pohon tumbang, banjir dan tingginya gelombang.

” Kami saat ini terus memperingatkan warga untuk menghindari areal terdampak, seperti di lereng-lereng gunung akibat curah hujan tinggi, warga yang dibantaran sungai akibat banjir dan nelayan dari ancaman gelombang tinggi, intinya kami terus siap siaga, ” ujarnya menutup perbincangan. (K-B)

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait