GP Ansor Maluku Gelar Talk Show “Pela-Gandong” dan Tinjauan Fiqihnya

Baca Juga

 

AMBON,KAMPIUN.CO.ID–  Sambut Hari Lahir ke-87, GP Ansor Wilayah Maluku menggelar sejumlah agenda penting, salah satunya yakni talk show mengangkat nilai kearifan lokal Pela-Gandong dan tinjauan fiqihnya.

Narasumber dihadirkan dalam kegiatan ini masing-masing, Ust. Abdul Rahman Tuanaya, LDNU Maluku dan Dr. Abidin Wakano, dari Lembaga Antar Iman Maluku (LAIM).

Wakanno menjelaskan, Pela-Gandong merupakan relasi persaudaraan yang umum dikenal di Maluku. Dimana Pela dibentuk berdasarkan ikatan suatu perjanjian di masa lampau. Sementara Gandong sendiri bermakna kandung.

“Gandong merupakan rekam jejak jalur geneologis masa lampau orang Maluku yang kemudian terbelah menjadi Islam dan Kristen,” terang akademisi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon ini, Jumat (23/4/2021).

Sementara Tuanaya lebih jauh menjabarkan tentang kadudukan adat yang tak bertentangan dengan Syariah. Menurutnya, hubungan atau tradisi ini penting untuk dirawat.

“Dulu sewaktu kampung saya (Negeri Kailolo) di Kabupaten Maluku Tengah membangun Masjid, kami kekurangan kayu. Kami lalu membangun hubungan dengan salah satu desa di Pulau Seram, yakni Desa Tihulale,” katanya.

Bahkan, kata dia, saat datang bulan Ramadhan, warga yang beragama Kristen di Kota Ambon juga ikut berburu makanan berbuka puasa.

“Budaya yang tidak sejalan dengan Islam, tapi sebagai orang Islam di Maluku kita tidak menolak. Karena bagi kami itu adalah relasi-relasi kekeluargaan, dan semangat gotong royong. Prinsipnya kita tetap kedepankan kaidah fiqih,” jelasnya.

Kegiatan ini juga untuk memberi gambaran tentang keberadaan GP Ansor Maluku, yang mulai bangkit dan berorientasi pada program-program Aswaja an-Nahdliyyah. (DBA)

 

GP Ansor Maluku Gelar Talk Show "Pela-Gandong" dan Tinjauan Fiqihnya

Berita Terkini

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Jalan Jenderal Sudirman

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kemacatan parah terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Rabu malam (12/5/2021).Kemacetan parah yang terjadi di malam takbiran...

Berita Terkait