Gempa Guncang Kairatu, Warga: Kuat Sekali tapi Kita Sudah Terbiasa

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID -Gempa tektonik berkekuatan 3,3 magnitudo mengguncang Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, Rabu (28/4/2021) malam.

Gempa yang sangat dirasakan kuat getarannya itu membuat sejumlah warga berhamburan keluar dari rumah-rumah mereka.

Bahtiar, warga Desa Kairatu mengaku getaran gempa yang sangat kuat itu membuat sejumlah warga berhamburan keluar rumah.

“Ia ada yang keluar rumah juga karena getaran sangat kuat, tapi banyak tetap di rumah saja,” kata Bahtiar kepada Kampiun.co.id via telepon seluler, Rabu malam.

Ia mengakui gempa di wilayah Kairatu sudah menjadi hal biasa bagi warga di daerah itu, sehingga saat gempa terjadi banyak dari warga yang merasa biasa saja.

“Kita di sini sudah sering merasakan gempa jadi anggap biasa saja,” ujarnya.

Bahtiar mengaku belum mengetahui pasti apakah ada dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut atau tidak.

“Kalau kerusakan saya tidak tahu soalnya kan kejadiannya juga malam, tapi memang getarannya sangat kuat,” katanya.

Berdasarkan data yang diterima kampiun.co.id dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa  yang terjadi pada pukul 22.23WIT itu berada pada lokasi 3.44 LS dan 128.17 BT, atau tepatnya berlokasi di laut 23 km Baratdaya Kairatu pada kedalaman 10 km.

BMKG menyebut lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal.

Baca Juga :   Setelah di Tanimbar, Gempa 3,9 Magnitudo Guncang Maluku Tengah

“Dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Kairatu dan Liang dengan skala II-III MMI,” kata Kepala Stasiun Geofisika Ambon Herlambang Hudha dalam keterangan tertulis.

Ia mengaku hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Meski getarannya sangat kuat dirasakan, namun ia memastikan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga :   Gempa 4,1 Magnitudo Guncang Kepulauan Banda, Tak Berpotensi Tsunami

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” pinta Herlambang. (KPL)

Gempa Guncang Kairatu, Warga: Kuat Sekali tapi Kita Sudah Terbiasa

Berita Terkini

Ambon Keluar Dari Zona Merah, Satgas: Pasien Sembuh Meningkat

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kota Ambon, Provinsi Maluku kembali keluar dari zona merah atau risiko penyebaran Covid-19.Ambon kembali ke zona oranye dengan mengantongi...

Berita Terkait