Gempa Besar di Laut Banda, BMKG Pastikan tak Berpotensi Tsunami

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Gempa tektonik berkekuatan 6,0 magnitudo terjadi di laut banda, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu dinihari (4/4/2021).

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, pusat gempa berada pada koordinat 5,16 Lintang Selatan dan 128,19 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 162 km arah Selatan Kota Ambon, pada kedalaman 349 km.

Meski kekuatan gempa sangatlah besar namun warga di Banda tidak merasakan getaran gempa tersebut.

“Kita di sini tidak merasakan getaran gempa,” kata Camat Banda Kadir Seherlian yang dikonformasi Kampiun.co.id dari Ambon.

BMKG pun memastikan gempa yang terjadi pada Pukul 03.42 WIT tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” kata Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima Kampiun.co.id.

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (KQQ)

Baca Juga :   Hujan Air Mata Antar Jasad Praka Alif Angkotasan ke Tempat Peristirahatan Terakhir
Gempa Besar di Laut Banda, BMKG Pastikan tak Berpotensi Tsunami

Berita Terkini

Ambon Keluar Dari Zona Merah, Satgas: Pasien Sembuh Meningkat

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kota Ambon, Provinsi Maluku kembali keluar dari zona merah atau risiko penyebaran Covid-19.Ambon kembali ke zona oranye dengan mengantongi...

Berita Terkait