Gempa Besar di Laut Banda, BMKG Pastikan tak Berpotensi Tsunami

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Gempa tektonik berkekuatan 6,0 magnitudo terjadi di laut banda, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu dinihari (4/4/2021).

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, pusat gempa berada pada koordinat 5,16 Lintang Selatan dan 128,19 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 162 km arah Selatan Kota Ambon, pada kedalaman 349 km.

Meski kekuatan gempa sangatlah besar namun warga di Banda tidak merasakan getaran gempa tersebut.

“Kita di sini tidak merasakan getaran gempa,” kata Camat Banda Kadir Seherlian yang dikonformasi Kampiun.co.id dari Ambon.

BMKG pun memastikan gempa yang terjadi pada Pukul 03.42 WIT tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” kata Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima Kampiun.co.id.

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Baca Juga :   Dari Dalam Bui, Roby Kainama Kendalikan Peredaran Sabu di Maluku

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (KQQ)

Baca Juga :   Pemerintah Hentikan Santunan Untuk Korban Covid

Berita Terkini

15 Tahun Bui Ganjaran untuk Pelaku Utama Pembunuh Mahasiswa Unpatti, Bakri dan Rian 10 Tahun

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Ambon memvonis Erwin Nakul terdakwa pembunuh mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Husein Suat selama...

Berita Terkait