Dibohongi Ketua, Pengurus YAB Bertandang ke Mapolda Maluku

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Merasa dibohongi oleh Ketua Yayasan Anak Bangsa (YAB), sejumlah pengurusnya bertandang ke Markas Besar Polda (Mapolda) Maluku. Pengurus dari berbagai daerah ini menemui Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Rum Ohoirat, di ruang kerjanya, Jumat (30/4/2021).

Mereka yang datang masing-masing Junedi Mahar, asal Seram Bagian Timur, Juliana Patipeilohy, Kota Ambon, Aswar, Sulawessi Tenggara, dan Rizal Marasabessy, Maluku Tengah. Para pengurus ini mengaku telah dibohongi oleh Ketua YAB, Josefa J. Kelbulan.

Sebelumnya, mereka juga telah melayangkan somasi melalui pengacara kepada Ketua YAB, 26 April 2021 kemarin. Kemudian 29 April 2021, mereka resmi mempolisikan yang bersangkutan di SPKT Polda Maluku.

Kepada Kabid Humas, Junedi Mahar dan kawan-kawan mengungkap berbagai persoalan yang terjadi, sehingga berani melayangkan somasi dan melaporkan dirinya ke pihak kepolisian.

Mereka mengatakan, selama 5 bulan ini, sebanyak 350 tim perwakilan dari 11 Provinsi di Indonesia Timur telah berada di Kota Ambon. Kedatangan mereka tidak lain untuk proses pencairan dana kompensasi sesuai janji Ketua YAB. Namun tak kunjung direalisasi.

Mereka mengaku, menyayangkan tindakan Ketua dan Sekretaris YAB yang berjanji untuk membagikan dana kompensasi kepada pengurus dan anggota sesuai tender yang disepakati saat kegiatan, di Gedung Baileo Oikumene Ambon, 9 April 2021 lalu.

Baca Juga :   Tersangka Kasus Penipuan YAB Ternyata Pasutri

Pengurus YAB ini mengungkap, saat kegiatan tersebut dana kompensasi telah diberikan secara simbolis kepada salah satu pengurus dan anggota. Namun usai kegiatan, dana itu ditarik kembali oleh Ketua YAB.

“Sebagai bagian dari YAB,  kami sangat resah dengan perlakukan dari Ibu Ketua, yang selalu mengancam akan mengelurkan kami dari yayasan, apabila menanyakan kejelasan pembayaran kompensasi,” kata salah satu Pengurus YAB, di ruang Kabid Humas Polda Maluku.

Baca Juga :   Rugikan Banyak Pihak, Polda Maluku Seriusi Kasus Penipuan YAB

Para pengurus ini juga mengaku, sikap tegas Ketua YAB itu seolah–olah telah mengintimidasi dan menekan mereka.

“Saat ini kami sudah tidak bisa menahan diri lagi, dan sudah siap menerima resiko dari Ketua Yayasan Anak Bangsa itu,” tegas mereka.

Olehnya, mereka bertandang di ruang Kabid Humas Polda Maluku untuk meminta bantuan hukum agar memfasilitasi persoalan tersebut, dengan harapan dana kompensasi segera diterima.

“Kami meminta bantuan Polda Maluku terkait dana tersebut. Sisi lain juga ingin mendapatkan saran dari Polda Maluku agar kedua belah pihak (Ketua YAB dan pengurusnya) yang berperkaara, bisa mendapat jalan keluar,” harap mereka.

Ditaksir, pengumpulan dana tender yang disetorn para anggota YAB dari 11 Provinsi Indonesia Timur, mencapai Rp3 Milyar. Dana tersebut di setor secara tunai dan diterima langsung Ketua YAB melalui Bank dan dan rekening pribadinya.

“Yayasan tersebut hingga kini tidak memiliki rekening. Sehingga terkesan, dana tersebut dikelola dan dipergunakan secara pribadi oleh Ibu Ketua,” kata mereka menuding.

Mendengar keluhan Pengurus YAB dari berbagai daerah ini, Kabid Humas meminta, mereka tetap bersikap tenang dengan tidak melakukan aksi-aksi anarkis atau sepihak, yang dapat menimbulkan kericuhan serta merugikan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga :   Terlibat Sindikat Penipuan,  Ketua YAB Ternyata Seorang Residivis

Dia juga mengapresiasi langkah yang tempuh para Pengurus YAB ini. Menurutnya, meski diduga telah menjadi korban penipuan, namun mereka masih menempuh jalur hukum demi menyelesaikan permasalahan tersebut dengan baik.

“Selaku Kabid Humas, saya menerima keluhan dan aspirasi bapak/ibu. Selanjutnya akan saya laporkan kepada Pak Kapolda, sehingga akan dilakukan langkah–langkah cepat untuk proses mediasi terhadap kedua belah pihak yang kini bermasalah,” tandasnya. (KCL)

Dibohongi Ketua, Pengurus YAB Bertandang ke Mapolda Maluku

Berita Terkini

Silaturahim, Kajati Maluku yang Baru Temui Kapolda

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Undang Mugopal menggelar kunjungan silaturahim ke Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri.Pertemuan antara dua petinggi...

Berita Terkait