Cegah Paham Radikalisme, Koramil 1502- 03 Gelar Sosialisasi ke Warga Tentang Bahaya Konflik Sosial

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID –  Di era keterbukaan informasi saat ini, polarisasi social lewat media mainstream berkembang cukup pesat, yang pengaruhnya juga cukup berdampak negative terhadap hubungan interaksi social dan nilai kesatuan sehingga masyarakat perlu diberi pemahaman tentang bahaya konflik social.

Di era digital ini juga selain untuk penyebaran informasi, ternyata memberikan peluang bagi kelompok radikal untuk menyebarkan ideologinya. Hal ini bisa mengancam keutuhan bangsa.

“ Ancaman ini ya semakin mudah masyarakat menelan mentah-mentah informasi tanpa menyaring, bisa jadi informasi yang di ikuti ternyata tentang ideologi radikalisme, “ demikian jelas Danramil 1502-03/Tehoru Lettu Inf Mahguru Tuasikal saat menggelar sosialisasi bahaya konflik di Desa Tehoru Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (6/04/2021).

Tuasikal dalam sosialisasinya itu menekankan masyarakat agar  mampu menjaring dan mencegah penyebaran paham ideologi, atau gerakan radikalisme yang bertentangan dengan pancasila dan UUD 1945, dimana dapat mengancam keutuhan NKRI, baik yang berasal dari dalam maupun pengaruh luar.

“ Dengan memahami bahaya Konflik Sosial, maka kita akan dapat menempatkan diri untuk tetap menjaga, mematuhi, dan mentaati seluruh aturan yang sudah diterapkan, dengan demikian kita tidak terpengaruh untuk melakukan tindakan yang membahayakan keutuhan bangsa dan Negara,” terang Tuasikal.

Kata Tuasikal kegiatan sosialisasi ini digelar bagian dari upaya menghadirkan solusi mencegah konflik sosial yang kerap terjadi di tengah-tengah masyarakat khususnya di wilayah Desa Tehoru kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah yang pemicunya kadang hanyalah persoalan sepeleh.

Dalam sosialisasinya itu, Tuasikal juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan konflik sosial ditengah-tengah masyarakat khususnya di Wilayah Desa Tehoru dan Haya.

Ia juga meminta kerjasama warga untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, mencegah penyebaran paham radikalisme dan ujaran kebencian lewat media social guna tercipta rasa aman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (KB/IL)

Cegah Paham Radikalisme, Koramil 1502- 03 Gelar Sosialisasi ke Warga Tentang Bahaya Konflik Sosial

Berita Terkini

Pertamina Resmikan SPBU Kompak BBM Satu Harga di Kampung Baad Merauke

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebagai upaya untuk memberikan kemudahan akses masyarakat Kampung lokal Papua dalam mendapatkan energi yang berkualitas, PT Pertamina (Persero) dan...

Berita Terkait