Catat! Mulai 6 Mei Mendatang Warga Maluku tak Bisa Lagi Mudik Lebaran

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID.emerintah Provinsi Maluku resmi melarang warga untuk mudik lebaran Idul Fitri di tahun 2021.

Guna mendukung kebijakan itu, pembatasan moda transportasi baik laut, udara maupun transportasi darat untuk mengantisipasi mudik lebaran akan mulai diberlakukan sejak tanggal 6-17 Mei mendatang.

Larangan mudik lebaran bagi warga Maluku ini  tertuang dalam surat edaran Pemrov Maluku nomor 451-52 tahun 2021 tentang peniadaan mudik hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan upaya pengendalian Covid-19 di Maluku.

Larangan mudik lebaran bagi warga Maluku itu disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Maluku, dr Doni Rerung saat memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Maluku, Senin (26/4/2021).

“Pemerintah telah melarang mudik lebaran untuk tahun ini dan di Maluku juga diberlakukan hal yang sama,” kata Doni.

Menurutnya  seluruh moda transportasi baik kapal laut, pesawat udara maupun transportasi darat tidak diizinkan untuk mengangkut warga yang hendak mudik ke kampung halamannya.

Menurutnya aktivitas perjalanan hanya dibolehkan bagi masyarakat yang punya keperluan mendesak seperti ibu hamil, orang sakit dan para Aparatur Sipil Negara yang melakukan perjalanan dinas.

Selain itu, perjalanan antarpulau di Maluku juga dibolehkan bagi angkutan transportasi yang mengangkut kebutuhan logistik.

Baca Juga :   Heboh Warga Dulang Emas di Pantai, Bupati Malteng: Pokoknya Ada Itu Barang

“Ada pengecualian bagi mereka yang punya keperluan mendesak itu dibolehkan, contohnya seperti orang sakit, ibu hamil ada satu pengantar dan perjalanan dinas juga untuk mereka yang membawa losgitik itu dibolehkan,” ungkapnya.

Doni menyebut bagi mereka yang terpaksa harus melakukan perjalanan di tengat waktu tersebut maka perlu mengurus Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) dari pihak berwenang sebagai syarat untuk melakukan perjalanan.

Doni menambahkan untuk memantau pergerakan warga menjelang lebaran nanti, Satgas Covid-19 Provinsi Maluku bakal mengaktifkan kembali Posko Covid-19 mulai dari Bandara dan sejumlah pelabuhan penyebarangan di Ambon.

Baca Juga :   Terlibat Skandal Penipuan, Pimpinan Yayasan Anak Bangsa Ditangkap Polisi

“Nanti ada pos pengawasan mulai dari Bandara Pattimura dan juga di pelabuhan itu diaktifkan kembali,” katanya. (KPL)

Catat! Mulai 6 Mei Mendatang Warga Maluku tak Bisa Lagi Mudik Lebaran

Berita Terkini

Silaturahim, Kajati Maluku yang Baru Temui Kapolda

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Undang Mugopal menggelar kunjungan silaturahim ke Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri.Pertemuan antara dua petinggi...

Berita Terkait