Bupati Abua Tuasikal Minta Pempus Tutup Tambang Emas di Tamilow

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua meminta Pemmrintah Pusat segera mengambil langkah untuk menutup kawasan tambang emas di Pantai Pohon Batu, Desa Tamilow, Kecamatan Amahai.

Ia meminta pemerintah pusat dapat segera mengambil langkah agar kasus kerusakan lingkungan di tambang emas Pulau Buru tidak terjadi di Tamilow.

“Kami minta kepada pemerintah pusat untuk ambil tindakan sebelum semua terlanjur, jangan sampai kondisinya sama dengan di Pulau Buru,” kata Abua kepada Kampiun.co.id via telepon seluler, Rabu (7/4/2021).

Pendulangan emas di Pantai Pohon Batu terus dilakukan ribuan warga setiap hari.

Warga bahkan terus menggali lubang-lubang besar di sepanjang pesisir pantai itu.

Menurut Abua apabila kondisi itu tidak segera diaatasi dia khwatir para penambang akan mengambil jalan pintas untuk memperoleh emas.

“Apalagi kalau sampai nanti ada yang pakai merkuri dan zat kimia itu akan membahayakan sekali kita tidak bisa makan ikan, semua akan rusak,” katanya.

Abua mengaku selama ini pemkab hanya bisa menyampaikan imbauan agar masyarakat tidak membuat kegiatan yang dapat merusak lingkungan, sebab pemkab tidak punya kewenangan untuk menutup lokasi itu.

Baca Juga :   Kapal Patah Kemudi di Laut Aru, 14 Penumpang Selamat Termasuk 5 Balita

“Kita punya keterbatasan kewenangan sehingga kita tidak bisa berbuat lebih banyak, kewenangan (penutupan tambang) itu ada di pemerintah pusat,” kata Abua.

Ia pun meminta agar pemerintah pusat agar tidak menutup dengan masalah yang ada di Tamilow.

“Karena kewenangan itu ada di pempus maka pempus harus mengambil langkah tegas untuk melakukan tindakan sesuai kewenangan yang ada di undang-undang,” pintanya. (KPL)

Baca Juga :   Kapal Patah Kemudi di Laut Aru, 14 Penumpang Selamat Termasuk 5 Balita

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait