Berpotensi Cuaca Ekstrim, BMKG Maluku Himbau Warga Waspadai Dampak Langsung Siklon Tropis Surigae

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) provinsi Maluku menyebut bibit Siklon Tropis 94W yang terdeteksi sejak tanggal 12 April 2021 saat ini telah berkembang menjadi Siklon Tropis “ Surigae” yang bergerak ke arah barat laut mendekati wilayah philpina.

Siklon Tropis Surigae merupakan perkembangan dari bibit siklon 94W, yang sebelumnya tumbuh di sekitar perairan Pasifik Barat sebelah Utara Papua yang terpantau sejak tanggal 12 April 2021.

“ Terdapat daerah belokan angin di sekitar wilayah pulau Buru, Pulau Ambon, dan pulau Seram dari perkembangan Siklon Tropis Surigae ini yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah tersebut,” jelas Koordinator BMKG Maluku, Kamari dalam keterangannya yang diterima Kampiun.co.id, Rabu (14/04/2021).

Kamari menyebut terjadi peningkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah Maluku bagian Tenggara hingga Barat Daya yaitu berkisar 8-20 knot.

Kamari mengingatkan keberadaan siklon tropis Surigae ini bisa memberikan dampak yang harus diwaspadai seperti hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang sesaat yang berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Buru, Buru Selatan, kota Ambon, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat dan Seram Bagian Timur.

Kamari juga mengingatkan untuk mewaspadai angin kencang lebih dari 45 KM/Jam di wilayah kabupaten Seram Bagian Timur, kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

BMKG Maluku terus melakukan pemantauan perkembangan Siklon Tropis Surigae beserta potensi dampak cuaca ekstremnya.

Terkait dengan potensi cuaca ekstrem tersebut, BMKG Maluku terus menghimbau masyarakat untuk harus tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrim (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang). Dan dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, rumah rusak.

“ Stakeholder diharapkan dapat menyebarluaskan informasi cuaca terkini dari BMKG untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat berjalan dengan baik,” pinta Kamari. (K-B)

Berpotensi Cuaca Ekstrim, BMKG Maluku Himbau Warga Waspadai Dampak Langsung Siklon Tropis Surigae

Berita Terkini

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Jalan Jenderal Sudirman

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kemacatan parah terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Rabu malam (12/5/2021).Kemacetan parah yang terjadi di malam takbiran...

Berita Terkait