Banyak Rempah-Rempah Diekspor Tanpa Koordinasi Dinas Pertanian

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Kepala Dinas Pertanian Maluku, Diana Padang mengungkap, sejauh ini banyak hasil pertanian yang diekspor tanpa koordinasi atau sepengetahuan pihaknya.

“Ada banyak pintu-pintu keluar. Setelah Kepala Bidang Perkebunan saya berkomunikasi dengan perhubungan, konon satu tahun ke marin, ada sekitar 180 ton yang keluar dari Maluku, tapi tidak dikoordinir,” kata Padang kepada Kampiun.co.id kemarin.

Salah satu yang diekspor adalah biji pala. Dia mengaku, pala adalah komoditi unggulan di Maluku yang harus disupport. Sejak zaman dulu, aroma bunga pala sudah membius bangsa-bangsa Eropa, sehingga itu harus dijaga dan terkelola dengan baik.

“Pala adalah salah satu komoditi unggulan di Maluku. Ini sudah dikenal sejak zaman dulu,” katanya.

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi ekspor tanpa sepengetahuan mereka, pihaknya akan membangun jejaringan dengan berbagai pihak, termasuk Dinas Perhubungan untuk mengawasi ekspor liar.

“Saat ini kami telah berusaha untuk mengembalikan ekspor ke Luar Negeri. Ini adalah kerjasama dari Tim Ekspor. Kita berharap semua ekspor harus sepengetahuan Dinas Pertanian,” harapnya.

Dia mengaku, sesuai tugas dan fungsi, Dinas Pertanian memproduksi. Dan terkait produksi pala, kata dia, saat ini sangat siginifikan, baik melalui program Kementerian Pertanian dan lain-lain.

Baca Juga :   Tim Pemburu Buronan Ringkus Jhon Latuconsina di Jogja

Dia juga mengatakan, pihaknya terus berupaya membangun kerjasama dengan berbagai stakholder termasuk perusahaan-perusahaan, untuk mengembangkan hasil-hasil pertanian di Maluku. (DBA)

Baca Juga :   Tim Pemburu Buronan Ringkus Jhon Latuconsina di Jogja

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait