Bantu Warga, BKP-BTR Hadirkan Tangki Penampung Baru untuk Generator Set di Desa Lurang

Baca Juga

 

AMBON,KAMPIUN.CO.ID,– Mempermuda serta melancarkan arus kelistrikan bagi warga, PT. Batutua Kharisma Permai (BKP) dan Batutua Tembaga Raya (BTR), memberikan bantuan tangki penampung solar terbaru untuk operasi mesin genset (Generator Set), di Desa Lurang, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Salah Staf Bagian Komunikasi PT BKP-BTR, Dino Musida mengatakan, pihaknya memberikan bantuan tangki penampungan solar berkapasitas 2.500 liter tersebut untuk menggantikan tangki lama, yang batas penampungnya hanya bertengger di angka 1.300 liter.

“Iya jadi tangki penampungan solar yang baru ini untuk menggantikan tangki lama yang hanya menampung 1.300 liter solar. 2.500 liter ini, untuk memaksimal pengoperasian mesin pembangkit listrik untuk warga di Desa Lurang,” kata Dino kepada Kampiun.co.id, Minggu (10/4/2021).

Dia mengatakan, biasanya warga Desa Lurang melihat truk bahan bakar (fuel truck) milik BKP-BTR datang secara rutin untuk mengisi solar ke mesin pembangkit listrik itu.

“Jadi dua bulan lalu, rombongan pekerja dari anak perusahaan Merdeka Copper Gold datang membawa benda serupa peti besi, yang sebenarnya adalah tangki solar dengan ukuran lebih besar. Ini adalah bantuan penuh BKP-BTR,” katanya.

Baca Juga :   Cegah Covid-19, BKP dan BTR Salurkan Perangkat Rapid Test Antigen ke Puskesmas Lurang

Menurutnya, sejak menggunakan tangki lama, fuel truck datang setiap dua hari atau tiga hari. Nah kini, kata Dino, dengan pengadaan tangki pengisian solar yang baru, diharapkan bisa maksimal.

“Setiap bulannya, BKP-BTR mengirim 15.000 liter,” katanya.

Dia mengatakan, mesin genset yang menyedikaan listrik gratis bagi rumah dan fasilitas umum di wilayah setempat, memiliki daya 135 KVA. Ini terbilang baru dan menggantikan stok lama, yang hanya memiliki daya 35 KVA.

Latar belakang kenaikan jumlah solar yang diberikan maupun penggantian genset tersebut, kata dia, karena semakin tingginya kebutuhan listrik di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga :   Cegah Covid-19, BKP dan BTR Salurkan Perangkat Rapid Test Antigen ke Puskesmas Lurang

BKP-BTR juga menyediakan genset sekaligus solarnya bagi Desa Uhak dan Kampung Baru.

“Di Desa Uhak memiliki daya 35 KVA, dengan pengisian solar sebanyak 3.600 liter per bulan dari sebelumnya 3.100 liter per bulannya. Biasanya proses pengisian solar di sana menggunakan angkutan jolor,” katanya.

Sementara genset di Kampung Baru, kata dia, merupakan bantuan PNPM yang dianggarkan oleh Kecamatan Wetar Utara dengan kapasitas 15 KVA.

“Partisipasi BKP-BTR untuk genset di Kampung Baru berupa solar sebanyak 600 liter per bulan, dan sedang direncanakan penambahan menjadi 1.200 liter per bulan,” katanya.

Dia mengatakan, bantuan mesin genset untuk pembangkit listrik dan solar kepada warga di sana, sudah dilakukan selama beberapa tahun, sejak hadirnya perusahaan tambang di Pulau Wetar.

Jadi pelayanan listrik dari perusahaan ini diberikan kepada lebih dari 300 rumah warga Desa Lurang, namun yang menikmati listrik hanya 200 rumah. Mesin genset dan solar, sambung dia, diberikan secara gratis, termasuk pemeliharaan.

Baca Juga :   Cegah Covid-19, BKP dan BTR Salurkan Perangkat Rapid Test Antigen ke Puskesmas Lurang

“Ada perlakuan berbeda terhadap genset di Desa Lurang. Biasanya, warga melihat fuel truck milik BKP-BTR datang secara rutin,” katanya mengakhiri. (DBA)

Bantu Warga, BKP-BTR Hadirkan Tangki Penampung Baru untuk Generator Set di Desa Lurang

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait