Aktivis Lingkungan Apresiasi Kinerja DLHP Ambon Bersihkan Kota dan Laut

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Upaya merubah wajah Kota Ambon menjadi kota yang nyaman dan bersih terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon.

Berbagai langkah yang terus dilakukan dalam beberapa tahun terakhir itu pun kini telah dirasakan hasilnya, dimana wajah kota Ambon perlahan mulai berubah.

Keberhasilan merubah wajah Kota Ambon menjadi lebih bersih itu ternyata tidak lepas dari peran petugas kebersihan DLHP Kota Ambon yang terus bekerja siang malam untuk membersihkan sampah di Kota Ambon.

Untuk diketahui petugas kebersihan DLHP Kota Ambon dalam beberapa tahun terakhir ini tidak hanya fokus untuk membersihkan sampah yang berada di jalan-jalan utama di Ambon namun juga rutin membersihkan sampah yang mengotori teluk Ambon.

Atas kinerja yang ditunjukan itu, dua organisasi mahasiswa pecinta alam di Kota Ambon yakni Mahasiswa Fisip Pecinta Alam (Mafispala) Universitas Pattimura dan Mahasiswa IAIN Pecinta Alam (Mahipala)  Ambon kompak memberikan apresiasi kepada DLHP Kota Ambon.

Ketua Umum Mafispala Ambon, Rahmat Saleh Manur mengatakan kinerja yang ditunjukan DLHP Kota Ambon untuk membersihkan sampah baik di pusat kota maupun di Teluk Ambon patut diapresiasi.

“Kami memberi apresiasi yang tinggi atas kinerja DLHP Ambon, karena berkat kerja keras yang dilakukan selama ini, Ambon semakin hari semakin bersih,” kata Rahmat kepada Kampiun.co.id, Minggu (25/4/2021).

Baca Juga :   Wujudkan Penyelenggaraan Negara Bersih dari KKN, Wakapolda Ikut Sosialisasi LHKPN

Ia mengatakan selain konsentrasi membersihkan sampah, DLHP Ambon selama ini juga gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk sadar terhadap lingkungan. Bahkan terobosan bank sampah yang digagas DLHP Kota Ambon telah mampu menginspirasi banyak orang untuk mengelola sampah menjadi uang.

“Ini luar biasa sekali, karena masyarakat dilibatkan untuk melihat sampah sebagai sumber uang,” katanya.

Baca Juga :   Buka Turnamen Bola Voli, Widya: Penyelenggara Harus Terapkan Protokol Kesehatan COVID-19

Ia pun berharap kedepan DLHP Kota Ambon dapat melibatkan organisasi mahasiswa pecinta alam untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosialisasi dan juga kegiatan lainnya yang dapat menumbuhkan keadaran warga agar lebih peduli dengan lingkungan.

“Mungkin ke depan harapannya kita dan organisasi pecinta alam lain bisa dilibatkan dalam kegiatan yang bisa menumbuhkan kesadaran amsyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan,” ujarnya.

Senada dengan Rahmat, Ketua Umum Mahasiswa IAIN Pecinta Alam (Mahipala) Ambon, Felmi Lamasano mengtakan dalam beberapa bulan terakhir, DLHP Kota Ambon telah menunjukkan kinerja yang sangat baik terkait tugas dan fungsinya.

“Penataan sampah di Kota Ambon begitu baik. Sudah mulai ramah lingkungan dan memberikan kenyamanan. Saya kira ini harus menjadi contoh bagi kota-kota lain di Provinsi Maluku,” Kata Felmi Lamasano.

Dia  mengakui beberapa titik kota seperti di jalan Sam Ratulangi, Ay Patty dan Tantui Ambon mulai tertata dengan baik. Di kawasan itu, tidak lagi terlihat sampah mengotori jalanan kota sehingga masyarakat yang melintas di kawasan itu sangat merasa nyaman.

“Ini kinerja yang baik karena perlahan kota Ambon mulai bersih dari sampah,” ujarnya.

Menurutnya, DLHP Kota Ambon sudah sangat progress. Namun dia berharap, kedepan DLHP Kota Ambon perlu menambah lagi tempat-tempat penampungan sampah di pusat-pusat keramaian agar warga tidak membuang sampah secara sembarangan.

Baca Juga :   Gangguan Jiwa, Anita Tersesat di Hutan dan Belum Kembali ke Rumah

“Itu agar masyarakat tidak membuang sampah berserakan dan dibuang pada tempat yang sebenarnya,” katanya.

Dia juga menilai petugas kebersihan  selama ini telah bekerja dengan sangat baik demi membersihkan sampah di jalanan kota dan juga di Teluk Ambon.

“Di bulan terakhir ini, Kota Ambon dalam kondisi tertib sampah. Akan tetapi di beberapa titik seperti pasar, harus ditingkatkan lagi agar masyarakat terasa nyaman,” pintanya (KDA/KTL)

Baca Juga :   Tolak Siswa Berjilbab, Ini Tanggapan Tegas Kadis Pendidikan Kota Ambon
Aktivis Lingkungan Apresiasi Kinerja DLHP Ambon Bersihkan Kota dan Laut

Berita Terkini

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Jalan Jenderal Sudirman

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kemacatan parah terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Rabu malam (12/5/2021).Kemacetan parah yang terjadi di malam takbiran...

Berita Terkait