Warga Lepas Police Line di Lokasi Tambang Emas

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Lokasi tambang emas di pesisir Pantai Pohon Batu, Negeri Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, terus ramai dipenuhi para petambang yang datang.

Membludaknya para petambang untuk mencari emas di areal itu menjadi perhatian serius berbagai kalangan, termasuk Pemerintah Kabupaten dan Pemerinta Negeri setempat.

Untuk antisipasi kondisi dan dampak buruk yang terjadi di lokasi tersebut, Polres Maluku Tengah pada Minggu kemarin (28/3/2021), sudah memasang police line atau garis pembatas agar dipatuhi para petambang.

Ironisnya, garis pembatas itu tak diindahkan. Berdasarkan informasi dihimpun Kampiun.co.id Senin (29/3/2021), garis pembatas itu sudah dilepas warga setempat.

Menurut salah satu warga, pelepasan garis pembatas itu lantaran miskomunikasi. Itu bukan ansih tidak mengindahkan aturan maupun anjuran pemerintah.

“Hanya miskomunikasi. Warga mengira garis pembatas itu untuk melarang mereka agar tidak aktivitas. Padahal itu pembatas bagi penambang supaya tidak menggali mendekati bahu jalan,” kata salah satu warga yang enggan menyebut namanya kepada media ini.

Latief Selanno, pemuda Negeri Tamilouw mengatakan, warga atau para petambang harus patuhi protokol yang dainjurkan pemerintah. Karena itu untuk kemaslahatan bersama.

“Kalau tidak mematuhi aturan, maka akan berdampak buruk. Yang kita takutkan saat ini, jika petambang menggali emas hingga ke bahu-bahu jalan. Kita harus tahu batas-batas penggalian,” harapnya.

Baca Juga :   Khawatir Berdampak Buruk, Pemerhati Lingkungan Minta Pemda Kendalikan Lokasi Tambang di Tamilouw

Menurutnya, setiap peraturan baik dari Pemerintah Kabupaten, Kecamatan maupun Pemerintah Negeri harus menjadi perhatian bersama, termasuk mengantisipasi masuknya bahan kimia berbahaya seperti merkuri dan sianida.

“Nah yang paling berbahaya jika bahan-bahan kimia seperti merkuri dan sianida disuplai ke areal penambangan. Sehingga itu petambang harus mengindahkan setiap aturan yang dianjurkan,” ajaknya. (DBA)

Baca Juga :   Raja Haruku Diperiksa Jaksa Soal ADD, Dalam Tempo Singkat akan Ada Tersangka

Berita Terkini

Jaga Kamtibmas di Bulan Ramadhan, Polsek Leihitu Razia Miras dan Masker

 AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), serta menciptakan suasana kondusif di bulan Ramadhan, Polisi Sektor (Polsek) Leihitu...

Berita Terkait