Tingkatkan Pengawasan di Laut Maluku, Polairud dan Bea Cukai Patroli Bersama

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Aparat Polairud Polda Maluku bersama petugas Bea Cukai Maluku menggelar patroli bersama pengawasan wilayah peraiaran laut, Rabu (24/3/2021).

Patroli bersama pengawasan peraiaran itu dilakukan sebagai bentuj sinergitas antara Ditpolairud Polda Maluku dan Bea Cukai untuk mengawasi adanya aktifitas ilegal dan pelanggaran hukum di laut Maluku.

Patroli laut gabungan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Republik Indonesia.

Perjanjian itu mengatur tentang peningkatan sinergi, operasional, sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, di dalam tukar data dan informasi yang dilaksanakan di Jakarta tanggal 24 Agustus 2020.

Pembukaan patroli gabungan diawali dengan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Kakanwil Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang di markas Ditpolairud Polda Maluku, di kawasan Lateri Ambon, Rabu pagi.

Apel bersama itu juga ikut dihadiri Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Harun Rosyid, Kepala Basarnas Ambon, Mustari, Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku, H Yatiman dan Kepala KPPBC TMP C Ambon, Erwin Situmorang.

Dalam patroli bersma itu, dua kapal ikut dikerahkan yakni kapal patroli KP Bima 7014 dan KP Tanjung Alang dari Ditpolairud Polda Maluku, BC 30007 dan BC 1511 dari Bea Cukai.

“Sinergi pengawasan laut ini diselenggarakan untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa kita sebagai Aparatur Negara bekerja bersama-sama dalam mengamankan kepentingan Negara,” kata Kakamwil Bea Cukai Erwin Situmorang.

Dia menjelaskan patroli bersama perlu dilakukan untuk mengawasi peraiaran laut Maluku, mengingat laut Maluku sangat luas.

“Dengan melihat luasnya daerah pengawasan di laut kita sadar bahwa pelaksanaan penegakan hukum di laut menjadi sangat sulit jika dilakukan sendiri-sendiri,” ungkapnya.

“Oleh karenanya kita sebagai aparatur negara yang merupakan bagian dari aset negara berkoordinasi dan berkolaborasi sehingga pelaksanaan tugas yang dibebankan kepada aparatur negara dapat kita lakukan secara efisien” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Tim Patroli mengawali pemeriksaan terhadap kapal kargo yang memuat kontainer di perairan Teluk Ambon sekaligus memberikan sosialisasi protokol kesehatan kepada Kru Kapal dengan membagikan masker. (KCL)

Berita Terkini

Tarawih Pertama di Masjid Alfatah Ambon Dipadati Jamaah, Prokes Tetap Jalan

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Masjid Raya Alfatah Ambon menggelar shalat tarawih perdana menjelang 1 Ramadhan 1442 Hijriah, Senin malam (12/4/2021).Shalat tarawih perdana ini...

Berita Terkait