Tanam Mangrove, Cara KANAL Ambon Lindungi Pesisir Teluk

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Kelompok Pecinta Alam (KPA) Perhimpunan KANAL Ambon kembali menggelar aksi peduli lingkungan. Kali ini, organisasi yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan kegiatan alam bebas itu, menanam ratusan anakan pohon mangrove, di pesisir Pantai Kate-Kate, Teluk Ambon, Jumat sore (26/3/2021).

Penanaman mangrove ini adalah cara KANAL Ambon untuk menjaga dan melindungi pesisir teluk dari berbagai ancaman yang datang.

Syenia Nabila, Koordinator aksi mengatakan, penanaman mangrove yang dilakukan sebagai lanjutan dari serangkaian kegiatan peduli lingkungan lainnya, yang telah dilaksanakan pihaknya dalam sepekan terakhir.

Seperti aksi penanaman pohon dan bersih-bersih sampah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Air Besar, serta pemasangan papan imbauan kampanye sadar lingkungan.

“Penaman mangrove ini merupakan kegiatan lanjutan kami menuju HUT Perhimpunan KANAL ke-25, pada 30 Mei 2021 nanti,” katanya di Ambon.
200 anakan mangrove yang ditanam ini merupakan sumbangan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku. Menurutnya, aksi penanaman mangrove ini bertujuan melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan akibat gelombang dan pasang surut air laut.

“Mangrove merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh, sehingga dapat meredam gelombang besar, termasuk tsunami. Karena itu, manfaat penanaman mangrove ini sangat penting juga untuk mencegah terjadinya bencana alam,” jelasnya.

Baca Juga :   Dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku Ekspor 28 Ton Pala ke China

Dia juga mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat sekitar, akan pentingnya menjaga ekosistem pantai.

Kegiatan seperti ini, kata dia, perlu ditanamkan kepada generasi penerus untuk turut serta dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan.

“Setiap dari kita harus bisa menjaga lingkungan tanpa merusaknya, agar lingkungan sekitar kita dapat dimanfaatkan bukan saja oleh kita, tapi juga generasi sesudah kita,” tandasnya.

Baca Juga :   Dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku Ekspor 28 Ton Pala ke China

Dia menambahkan, usai penanaman mangrove, pihaknya akan kembali melakukan transplantasi (pencangkokan) terumbu karang bersama Ketua Tim Penggerak PKK Widya Pratiwi Murad, di Negeri Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. (DBA)

Berita Terkini

Kadis Parawisata: Sudah 20 Tempat Karaoke yang Ajukan Permohonan Beroperasi

 AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Rico Hayat mengungkap, hingga kini sudah sekitar 20-an tempat karoke yang mengajukan permohonan...

Berita Terkait