Peringati Hari Air Sedunia, Kanal Ambon Keruk 35 Kantong Sampah di Arbes

NITU NITU

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Puncak peringatan Hari Air sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2021 ikut diperingati kelompok Pecinta Alam Perhimpunan Kanal Ambon dengan cara membersihkan sungai di kawasan Air Besar, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Dalam aksi tersebut, anggota Kanal Ambon berhasil menguras dan memungut sampah berbagai jenis sebanyak 35 kantong yang mengendap di sungai tersebut.

Puluhan kantong sampah itu lalu dibawa anggota Kanal ke tempat pembuangan akhir.

Ketua Kanal Maluku, Azis Tunny mengatakan aksi bersih sungai itu dilakukan untuk melestarikan sumber air yang ada di sungai tersebut.

“Hari ini bertepatan dengan momentum Hari Air sedunia kami dari kelompok pecinta alam Kanal sejak pukul 09.00 WIT tadi mulai start membersihkan sampah di Arbes dan ada 35 kantong sampah yang kami ambil untuk dibawa ke tempat pembuangan sampah,” katq Azis kepada Kampiun, Senin (22/3/2021).

Azis mengatakan sampah yang berhasil dikeruk itu umumnya merupakan sampah anorganik yang sangat rentan mencemari sumber air.

“Dari hasil pembersihan banyak sampah anorganik yang ditemukan seperti bekas bungkus ditergen, bekas sabun, shampo, makanan ringan dan botol mineral serta popok bayi,” ungkapnya.

Untuk diketahui sungai Air Besar merupakan salah satu sungai pemasok sumber air untuk kebutuhan masyarakat di Kota Ambon.

Baca Juga :   Bersama Perhimpunan Kanal Widya Lakukan Transplantasi Karang di Pantai Morela

Namun dalam beberapa tahun terakhir debit air di sungai itu terus menurun menyusul pembukaan kawasan permukiman baru di sekitar aliran sungai tersebut.

Menurut Azis untuk mencegah agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan di sungai itu, pihaknya juga telah memasang papan himbauan di kawasan tersebut

“Harapannya agar warga bisa lebih sadar lagi untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Bersama Perhimpunan Kanal Widya Lakukan Transplantasi Karang di Pantai Morela

Azis menambahkan sebelum membersihkan sungai di Air Besar, dua hari lalu pihaknya juga melakukan penanaman 125 anakan pohon di daerah aliran sungai tersebut.

Ratusan anakan pohon yang di tanami itu merupakan jenis tanaman produktif seperti anakan mangga dan rambutan serta anakan lenggua.

Salah seorang pedagang asongan yang yang ditemui di kawasan itu berharap pengelola lokasi wisata Air Besar untuk lebih pro aktif memantau aktifitas warga yang membuang sampah di kawasan itu.

“Harapan kami bapak-bapak yang jaga daerah Arbes ini musti lerhatukan orang yang suka buang sampah sembarangan, kan orang yang datang bayar uang masuk ke mereka,” ungkap Ibu Na. (KCL).

Berita Terkini

Jaga Kamtibmas di Bulan Ramadhan, Polsek Leihitu Razia Miras dan Masker

 AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), serta menciptakan suasana kondusif di bulan Ramadhan, Polisi Sektor (Polsek) Leihitu...

Berita Terkait