Pemerintah Larang Mudik Lebaran, Ini Alasannya!

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Pemerintah Indonesia kembali memutuskan dan menetapkan larangan mudik Lebaran di tahun 2021. Larangan ini ditetapkan karena tingginya angka penularan dan kematian akibat COVID-19.

Hal ini disampaikan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK), dalam rapat tingkat menteri, Jumat (26/3/2021).

“Tahun 2021 ini mudik kita tiadakan. Ia untuk semua elemen masyarakat, baik ASN, TNI/Polri, BUMN, masyarakat luas dan lainnya,” tegas Muhadjir dalam konferensi pers via virtual.

Dia mengatakan, saat ini pemerintah lagi berupaya melakukan penanganan terhadap COVID-19. Salah satu langkah yang gencar dilakukan saat ini, yakni proses vaksinasi.

“Kita sedang berupaya melakukan penanganan COVID-19, yakni vaksinasi bisa berjalan maksimal,” ujarnya.

Menurut Muhadjir, kebijakan pelarangan mudik lebaran yang dilakukan itu sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo, pada 23 Maret 2021. Jadi, kata dia, larangan mudik itu akan berlaku mulai 6-17 Mei 2021.

“Masyarakat diimbau untuk tidak pergi ke mana-mana, kecuali keadaan mendesak dan bersifat perlu,” tegasnya.

Dia mengatakan, aturan yang nantinya menunjang peniadaan mudik akan diatur oleh kementerian ataupun lembaga terkait, termasuk Satuan Tugas Penanganan COVID-19, TNI/Polri, Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Daerah.

“Meskipun cuti bersama Idul Fitri tetap ada, tetapi tidak boleh ada aktivitas mudik,” tegasnya lagi. (DBA)

Baca Juga :   Walikota Ambon Lantik Saniri Negeri Batu Merah

Berita Terkini

Nyolong Dana Desa, Dullah Divonis 3,6 Tahun Penjara

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kepala Desa Administrasi Fattolo, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku, Abdullah Fefra alias Dullah divonis 3,6 tahun...

Berita Terkait