Maluku Masih Bebas dari Virus Corona B. 1.1.7, Satgas: Antisipasinya Sama Patuhi Protokol Kesehatan

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku memastikan hingga saat ini belum ditemukan mutasi virus corona B.1.1.7 di provinsi berjuluk seribu pulau itu.

“Itu kan (virus) baru ditemukan ketika ada kunjungan dari Arab, di Maluku ini belum ada dan kita berharap tidak ada sampai di sini,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Doni Rerunr saat dikonfirmasi, Jumat (11/3/2021).

Ia menjelaskan sesuai pendapat para ahli, virus B. 1.1.7 merupakan varian jenis baru yang bermutasi dari virus sebelumnya.

Ia juga mengaku sejumlah ahli berpendapat penyebaran virus tersebut jauh lebih cepat namun tidak seganas Covid-19.

“Kalau menurut penjelasan para ahli itu virus ini cepat menyebar tetapi kalau dari tingkat keganasan tidak sebanding dengan yang ada sekarang,” paparnya.

Virus B. 1.1.7 sendiri pertama kali ditemukan di Inggris setahun yang lalu.

Ada pun gejala dari virus varian baru ini
batuk, sakit tenggorokan, dan rasa kelelahan.

Berbeda dengan gejala Covid-19 umumnya, pada varian baru virus corona Inggris, gejala kehilangan rasa atau penciuman disebut hanya sebagian kecil kemungkinannya.

Saat ini di Indonesia tercatat tercatat empat Provinsi telah mengkonfirmasi penemuan kasus tersebut di daerahnya masing-masing.

Empat Provinsi itu yakni Jawa Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Untuk mengantisipasi mutasi virus tersebut di Maluku, ia meminta warga agar tetap selalu menjaga protokol kesehatan, sebab pencegahannya sama dengan pencegahan terhadap Covid-19.

“Antisipasinya tetap sama patuhi protokol kesehatan karena dia (virus) ini kan bermutasi, biasanya orang takut kalau virus,” ungkapnya. (KIP).

Berita Terkini

Tarawih Pertama di Masjid Alfatah Ambon Dipadati Jamaah, Prokes Tetap Jalan

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Masjid Raya Alfatah Ambon menggelar shalat tarawih perdana menjelang 1 Ramadhan 1442 Hijriah, Senin malam (12/4/2021).Shalat tarawih perdana ini...

Berita Terkait