Lewat Pelabuhan Yos Sudarso, 83 Ton Ikan Asal Maluku Masuk ke Jepang, Vietnam dan Amerika

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Ekspor hasil perikanan Maluku ke berbagai negara tujuan terus berjalan.

Meski dalam situasi pandemi Covid-19, namun hal itu tidak menjadi penghalang.

Dalam setahun teeakhir ini saja tercatat sudah empat kali hasil perikanan Maluku di ekspor ke luar negeri baik melalui pesawat maupun kapal laut.

Khusus untuk ekspor yang dilakukan lewat Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, tercatat sudah sebanyak 83 ton ikan yang di ekspor.

Hal itu diungkapkan gubernur Maluku, Murad Ismail saat menyampaikan paparan singkat kepada presiden Joko Widodo saat mengunjungi Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Kamis (25/3/2021).

Kunjungan kepala negara bersama rombonhan di Pelabuhan Ambon sendiri untuk memantau vaksinasi massal di kawasan itu.

Saat kunjungan di Pelabuhan Ambon, Presiden Jokowi juga ikut berdialog dengan para pelaku usaha perikanan di wilayah Maluku.

” Produksi perikanan yang dihasilkan yaitu Tuna, yang sudah kami krim tuna pengepakan sebesar 83 ton lewat Pelabuhan Yos Sudarso Ambon,” ungkap Murad.

Ia mengatakan puluhan ton hasil perikanan Maluku yang diekspor lewat pelabuhan Ambon itu tujuannya ke Jepang, Vietnam dan Amerika Serikat.

“Kita kirim ke Jepang, Viatnam dan Los Angles Amerika,” ujanya.

Murad tidak menjelaskan secara detail kapan 83 ton ikan segar itu diekspor dari pelabuhan Ambon ke dua negara tersebut dan berapa keuntungan yang dihasilkan dari ekspor tersebut.

Baca Juga :   Ambon New Port Segera Dibangun, Jokowi: Targetnya 2 Tahun Rampung

Meski begitu ia mengaku beberpa jenis ikan pelagis juga pernah diekspor ke Amerika, Jepang dan Vietnam atas permintaan kedua negara tersebut.

“Ada juga tuna gelondongan beku, tuna gelondongan fres, ikan cakalang beku, ikan pelagis yang kecil-kecil itu Pak, kalau di Jakarta bilang ikan kembung kita di sini bilang ikan tatari,” ungkapnya.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Ingin RSUP dr Leimena Bisa Melayani Warga Indonesia Timur

Dalam kesempatan itu, Murad juga menyampaikan ke Presiden sejumlah perusahan perikanan yang beroperasi di Maluku dan dan terus berkonteibusi untuk meningkatkan ekapor perikanan daerah ini ke luar negeri.

Sejumlah perusahan itu seperti PT Perikanan Nusantara, PT Samudra Indo Sejahtera , PT Harta Samudra, PT Anka Samudra tata Bahari, PT Maluku Prima Makmur dan PT Peduli Laut Maluku.

“Ada juga punyanya Pak Eeick Thohir. Ini orang ini semua yang sekarang telah membantu Maluku mengeksposr ikan baik itu fres maupun beku ke luar,” kata Murad. (KQQ)

Berita Terkini

Tarawih Pertama di Masjid Alfatah Ambon Dipadati Jamaah, Prokes Tetap Jalan

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Masjid Raya Alfatah Ambon menggelar shalat tarawih perdana menjelang 1 Ramadhan 1442 Hijriah, Senin malam (12/4/2021).Shalat tarawih perdana ini...

Berita Terkait