Ketua DPRD Ambon: Ada Aturan Apa Siswa Berjilbab Tidak Boleh Sekolah?

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisutta mempertanyakan aturan yang diterapkan di SMP Citra Kasih yang berujung pada penolakan siswa berjilbab di sekolah swasta tersebut.

Elly mengatakan apabila ada aturan yang melarang siswa berjilbab bersekolah di sekolah itu, maka aturan sekolah itu tentu bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi.

“Ada aturan apa siswa berjilbab tidak diperbolehkan untuk sekolah di situ? , Kalau itu memang sekolah swasta kriteria umum itu harus disampaikan sebelum orangntua mendaftar,” katanya.

Elly meminta pihak sekolah memberikan penjelasan secara detail soal kasus tersebut agar tidak menjadi bias di masyarakat.

“Kalau misalkan ada hal demikian (diskriminasi) kepala sekolah harus menjelaskan secara detail kepada kita,” kata Elly kepada Kampiun.co.id saat dikonfirmasi, Selasa (30/3/2021).

Ia menegaskan pihak sekolah harus menjelaskan apakah ada aturan khusus yang melarang siswa berjilbab belajar di sekolah itu.

Kasus diskriminasi terhadap siswa di SMP Citra Kasih saat ini tengah menjadi sorotan publik.

Menurut Elly terkait kasus itu, ia bersama Komisi II DPRD Kota Ambon akan mendatangi langsung sekolah itu untuk meminta penjelasan pihak sekolah.

“Kalau saat pendaftaran terjadi penolakan seperti itu beta kira ini harus ditindaklanjuti oleh dinas pendidikan dan kenyataannya itu beta akan turun langsung ke lokasi,” ungkapnya.

Baca Juga :   Sekolah Citra Kasih Wajibkan Anaknya Lepas Jilbab, Orangtua: Saya Sedih, Tidak Ada Lagi Toleransi

Elly juga mengaku saat ini ia sedang berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ambon terkait masalah tersebut.

“Jadi begini ibu sekarang lagi konfirmasi sama kadis pendidikan dan sekolah nanti detailnya sebentar ibu kasih kabar biar seng simpan siur nanti beta perintahkan komisi II turun juga ke lapangan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan tindakan diskriminasif dialami PB (12), salah seorang calon siswa baru saat mendaftar di SMP Citra Kaaih sepekan yang lalu.

Baca Juga :   Heboh Kasus Jilbab, SMP Citra Kasih Minta Maaf

PB ditolak di SMP Citra Kasih hanya lantaran dia mengenakan jilbab.

Menurut orang tua PB, Chiselvia Hatala, pihak sekolah tidak mau menerima ada siswa yang mengenakan jilbab, karena pihak sekolah tidak mau ada perbedaan.

Chiselfia mengaku sedih dan kecewa karena putrinya itu juga alumni di sekolah dasar yang masih satu yayasan dengan SMP Citra Kasih. (KCL)

Berita Terkini

Tarawih Pertama di Masjid Alfatah Ambon Dipadati Jamaah, Prokes Tetap Jalan

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Masjid Raya Alfatah Ambon menggelar shalat tarawih perdana menjelang 1 Ramadhan 1442 Hijriah, Senin malam (12/4/2021).Shalat tarawih perdana ini...

Berita Terkait