Jaga Kamtibmas dan Pencemaran Lingkungan di Lokasi Emas, Ini 11 Butir Imbauan Pemdes Tamilouw

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Mencegah agar kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lokasi penambangan emas berjalan baik, Pemerintah Negeri Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, mengelurkan 11 butir imbauan.

Selain kamtibmas, 11 butir imbauan ini juga meliputi pencemaran lingkungan. Sebagaimana dijelaskan, butir-butir imbauan ini merupakan kesepakatan bersama antara Pemerintah Negeri, Saniri, Tua Adat, Tokoh Pemuda serta TNI/Polri.

11 butir yang ditandatangani langsung oleh Kepala Pemerintah Negeri Tamilouw, Rajak Pawae ini, yakni pertama menjaga protokol kesehatan, kedua menjaga dan menghormati adat istiadat serta kebiasaan yang terjadi di negeri setempat.

Kemudian keempat waktu pelaksanaan penambangan dimulai pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIT. Kelima tidak diizinkan buka pada hari Jumat, keenam tidak menerima orang per orang yang datang dari luar untuk melakukan penambangan.

Ketuju Pemerintah Negeri juga mengimbau agar menjaga kesehatan, tidak diizinkan melakukan aktivitas pada malam hari, kedelapan masyarakat yang melakukan penambangan harus mematuhi batas-batas agar tidak terjadi pencemaran secara meluas.

Kesembilan melarang menambang menggunakan alat berat dan zat kimia berbahaya lainnya. Sepuluh meminta kepada masyarakat yang memiliki dusun atau lokasi yang ada di Waeloyain dan Sawaleo, agar melakukan kontrol terhadap batas-batas wilayah mereka, sehingga tidak terjadi penggalian oleh oknum-oknum tidak bertanggungjwab.

Baca Juga :   Antisipasi Kerusakan Ekosistem Laut, Pemerintah akan Tutup Lokasi Emas di Tamilouw

Dan pada imbauan terakhir yakni ke kesebalas Pemerintah Desa menegaskan, bagi masyarakat dan pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua agar tidak memarkirkan pada sembarang tempat atau ruas-ruas jalan. (DBA)

Baca Juga :   Geger! Warga Tamilouw Serbu Pantai Cari Emas

Berita Terkini

Tarawih Pertama di Masjid Alfatah Ambon Dipadati Jamaah, Prokes Tetap Jalan

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Masjid Raya Alfatah Ambon menggelar shalat tarawih perdana menjelang 1 Ramadhan 1442 Hijriah, Senin malam (12/4/2021).Shalat tarawih perdana ini...

Berita Terkait