Heboh Warga Dulang Emas di Pantai, Bupati Malteng: Pokoknya Ada Itu Barang

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengakui sudajnada sejumlah warga yang mendapat emas saat mendulang di pesisir pantai Desa Tamilow, Kecamatan Amahai.

Aksi warga mendulang emas di pantai desa itu dalam tiga hari terakhir sontak menggegerkan warha di Maluku.

“Ada yang sudah dapat (emas) satu dua ons, pokoknya ada itu barang,” kata Abua saat dihubungi via telepon seluler, Selasa (23/3/2021).

Dia menjelaskan, aksi mendulang emas secara tradisional oleh warga di desa Tamilow sebenarnya telah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu.

Namun untuk kegiatan mendulang di pesisir pantai, hal itu baru saja dilakukan warga di desa tesebut.

“Jadi begini penemuan emas di Tamilow itu sudah 7 tahun yang lalu, tempo hari itu lalu orang dulang ada dapat sedikit serpihan lah, lalu barang (emas) ini pun juga orang sering dulang lalu terakhir di pesisir pantai Pohon Batu itu,” katanya.

Ia mengaku meski sudah ada warga yang mendapatkan emas dari hasil mendulang di pantai namun belum dapat diketahui sumber emas itu berasal darimana.

“Warga saat ini mereka dulang-dulang tapi tidak tahu sumber emasnya dari mana tapi mereka dulang saja,” ujarnya.

Menurut Abua dari laporan yang diterima jumlah emas yang berhasil di dapat warga dari hasil mendulang di pantai tidak terlalu banyak seperti yang digembar gemborkan lewat medsos.

Baca Juga :   Ambon New Port Segera Dibangun, Jokowi: Targetnya 2 Tahun Rampung

Terkait kejadian menghebohkan itu, Abua juga mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk mengecek secara langsung di lapangan untuk memastikan kadar emas yang ditemukan.

“Memang saya sudah suru cek kepastiannya sejauh mana tapi boleh dikatakan barang itu ada tapi tidak sebagaimana yang orang gembar-gemborkan tidak sama seperti di Kongo lalu orang datang bawa dengan truk, kalau disini percikan saja,” ungkapnya.

Baca Juga :   Tim ESDM Segera ke Tamilow, Apa yang Akan Dilakukan?

Diberitakan sebelumnya warga di desa Tamilow, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah dihebohkan dengan penemuan material emas di psesisir pantai desa tersebut sejak dua hari terakhir.

Warga lalu berbondong-bondong untuk mendulang emas dengan peralatan seadanya di pantai desa itu.

Sejumlah warga pun mengaku telah mendapat sejumlahnemas daru hasil mendulang di pantai. (KQQ).

Berita Terkini

Jaga Kamtibmas di Bulan Ramadhan, Polsek Leihitu Razia Miras dan Masker

 AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), serta menciptakan suasana kondusif di bulan Ramadhan, Polisi Sektor (Polsek) Leihitu...

Berita Terkait