Gempa 4,1 Magnitudo Guncang Kepulauan Banda, Tak Berpotensi Tsunami

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Gempa tektonik berkekuatan 4,1 magnitudo mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa siang (16/3/2021).

Data yang diterima ipda dari badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon titik gempa berada pada lokasi 4.95 Lintang Selatan dan 130.9 Bujur Timur.

Adapaun pusat gempa berjarak 121 km tenggara Banda, Maluku Tengah dan 210 km bagian selatan, Bula Kabupaten Seram Bagian Timur dengan kedalaman 92 km di bawah permukaan laut.

Sejauh ini belum ada laporan adanya kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

BMKG juga memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan stunami.

Sebelumnya pada Selasa pagi tadi gempa tektonik berkekuatan 3,9 magnutudo juga mengguncang Banda.

Gempa tersebut beejarak 153 km barat daya Banda dan 184 km bagian selatan, Nusalaut.

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (KQQ)

Baca Juga :   Gempa Bumi Getarkan Kairatu, Warga: Kita Sudah Terbiasa Digoyang Gempa

Berita Terkini

Jaga Kamtibmas di Bulan Ramadhan, Polsek Leihitu Razia Miras dan Masker

 AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), serta menciptakan suasana kondusif di bulan Ramadhan, Polisi Sektor (Polsek) Leihitu...

Berita Terkait