Gempa 2.2 Magnitudo Guncang Tulehu, Maluku Tengah

Baca Juga

AMBOM,KAMPIUN.CO.ID- Gempa tektonik berkekuatan 2.2 magnitudo kembali guncang Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Selasa (23/3/2021).

Data diterima Kampiun.co.id dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon pusat gempa berada pada 3.61 Lintang Selatan dan 128.31 Bujur Timur.

Adapun lokasi berjarak 17 km Timur laut Ambon dan 30 km Selatan Kairatu, dengan kedalam 10 km di bawah permukaan laut. Gempa dirasakan di Tulehu.

Sejauh ini belum ada laporan adanya kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

Namun BMKG memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Yusuf, warga Tulehu dihubungi media ini mengaku, sejauh ini dirinya tidak merasakan ada guncangan.

“Tidak ada guncangan apa-apa. Sejauh ini aman-aman saja. Mungkin ada warga lain yang merasakan, tapi saya tidak,” katanya singkat.

Sementara Imha, warga Kairatu, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, mengaku sedikit merasakan ada guncangan.

“Tadi memang ada sedikit guncangan, tapi tidak kuat. Di Kairatu (Gemba) sering terjadi gempa dan itu selalu kita rasakan,” katanya.

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (DBA)

Baca Juga :   Guru Besar Unpatti: Mengembalikan Maluku Sebagai Pusat Kejayaan Rempah-Rempah, Produksi Pertanian dan UMKM Harus Ditata

Berita Terkini

Tarawih Pertama di Masjid Alfatah Ambon Dipadati Jamaah, Prokes Tetap Jalan

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Masjid Raya Alfatah Ambon menggelar shalat tarawih perdana menjelang 1 Ramadhan 1442 Hijriah, Senin malam (12/4/2021).Shalat tarawih perdana ini...

Berita Terkait