Dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku Ekspor 28 Ton Pala ke China

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Sempat terhenti selama 21 tahun, Provinsi Maluku akhirnya kembali mengekspor hasil rempah-rempah berupa biji pala ke luar negeri, dengan negara tujuan China.

Sebanyak 28 ton pala yang dikemas dalam satu kontainer berkapasitas 400 feet ini dilepas secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Kasrul Selang, di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (30/3/2021).

Dalam pelepasan itu, Kasrul didampingi Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku Erwin Situmorang, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselano, serta tim Percepatan Ekspor Maluku.

Menurut Kasrul, ekspor komoditi pala dari Ambon itu, dilakukan kembali setelah sempat terhenti sejak Maluku dilanda konflik 1999 silam.

“Ini usaha dan niat baik dari CV Maenusu selaku perusahaan pengespor, sehingga Maluku bisa kembali mengespor hasil rempah-rempahnya ke luar negeri,” katanya.

Sejauh ini, kata Kasrul, ekspor terus dilakukan ke negara-negara luar, namun dalam jumlah yang tidak banyak, dan itu dilakukan melalui Surubaya.

“Nilai ekspor pala sebanyak 28 ton yang diekspor ke negara tujuan China itu senilai 215 juta dolar Amerika Serikat,” katanya.

Baca Juga :   Tim Pemburu Buronan Ringkus Jhon Latuconsina di Jogja

Meski ekspor pala dari Ambon mulai berjalan kembali, kata Kasrul, persoalan yang harus dipecahkan saat ini adalah soal ketersediaan laboratorium uji aflatoksin, karena fasilitas tersebut belum ada di Ambon.

“Negara-negara tujuan ekspor memiliki standar yang harus dipenuhi, salah satunya yakni uji aflatoksin. Dan ini menjadi tugas pemerintah untuk menyiapkannya,” ujar Sekda.

Erwin Situmorang, Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku menyebut, pihaknya ikut mendorong agar petani dan pengusaha di Maluku dapat mengekspor langsung hasil bumi mereka.

Prinsipnya, kata dia, Bea Cukai sangat mendukung kegiatan ekspor di Maluku agar berjalan dengan baik karena hal itu akan berdampak langsung terhadap perekonomian Maluku.

Baca Juga :   Bentengi Laut dan Hutan, EcoNusa Bikin School of Eco Diplomacy

Dia mengatakan, saat ini pengurusan dokumen persyaratan juga tidak ada kendala lagi dan sangat mudah, karena ikut dibantu oleh Tim Percepatan Ekspor Maluku.

“Kami juga menargetkan dalam setiap bulannya, ada ekspor pala langsung dari Ambon,” pungkasnya. (DBA)

Dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku Ekspor 28 Ton Pala ke China

Berita Terkini

Pertamina Resmikan SPBU Kompak BBM Satu Harga di Kampung Baad Merauke

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebagai upaya untuk memberikan kemudahan akses masyarakat Kampung lokal Papua dalam mendapatkan energi yang berkualitas, PT Pertamina (Persero) dan...

Berita Terkait