Cegah Bandit dan Begal, CCTV Bakal Dipasang di JMP

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Pemerintah Kota Ambon berencana memasang empat unit Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pemantau di Jembatan Merah Putih (JMP), Ambon.

Pemasangan kamera pengintai di JMP itu lantaran kawasan tersebut dinilai rawan teehadap aksi kriminalitas.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaans mengatakan pemasangan kamera pengintai di JMP untuk meminimalisasi tingkat kerawanan dan aksi kriminalitas di kawasan tersebut.

“Kita akan pasang empat CCTV di JMP, karena di situ sering terjadi aksi kriminalitas,” kata Joy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, kemarin.

Ia mengatakan terkait rencana itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan juga pemerintah provinsi Maluku.

“Kita harus mendapatkan izin dari pemerintah pusat, makanya kita akan koordinasi termasuk dengan pemprov Maluku,” terangnya.

Sejauh ini ada sebanyak 32 CCTV yang dipasang di sejumlah kawasan di Kota Ambon. Umumnya CCTV yang dipasang itu berada di jalan protokol dan kawasan rawan kriminal.

“Semuanya dalam kondisi aktif,” ujarnya.

Pihaknya juga berencana melakukan penandatanganan memorandum of Understunding (MoU) dengan Polda Maluku terkait penggunaan CCTV tersebut. Sebab dari 32 CCTV yang tersebar di Ambon tiga unit diantaranya milik Polda Maluku.

Baca Juga :   Pemerintah Larang Mudik Lebaran, Ini Alasannya!

Rencananya penggunaan kamera pengintai di Ambon ininakan diresmikan Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy pada April mendatang.

“Kemungkinan besar peresmian CCTV dilakukan oleh Wali kota Ambon dan Kapolda Maluku, pada minggu ke tiga bulan April mendatang,”kata.

Pemasangan CCTV di JMP dianggap sangat penting karena aksi kejahatan dan kriminal seperti begal, penjambretan kerap terjadi jembatan itu.

Terakhir aksi pembunuhan yang sempat menghebohkan warga Kota Ambon beberapa waktu lalu juga terjadi di atas JMP yakni pembunuhan terhadap Husein Suat, salah satu mahasiswa Universitas Pattimura Ambon. (KPL)

Baca Juga :   Walikota Ambon Lantik Saniri Negeri Batu Merah

Berita Terkini

15 Tahun Bui Ganjaran untuk Pelaku Utama Pembunuh Mahasiswa Unpatti, Bakri dan Rian 10 Tahun

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Ambon memvonis Erwin Nakul terdakwa pembunuh mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Husein Suat selama...

Berita Terkait