Berburu Kusu di Taman Manusela, 2 Warga Waipia Ditangkap, Senapan dan Peluru Ikut Disita

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua warga Desa Lesluru, Kecamatan Waipia, Kabupaten Maluku Tengah ditangkap petugas Taman Nasional Manusela, Sabtu (27/3/2021) dinihari.

Kedua warga ini ditangkap setelah kedapatan sedang berburu satwa liar di kawasan Taman Manusela, Kabupaten Maluku Tengah.

Kepala Taman Manusela, Ivan Yusfi Noor mengatakan penangkapan dua pemburu tersebut berlangsung di Jalan Trans Seram di kawasan Taman Manusela pada Pukul 02.30 Wit.

“Dari tangan kedua pemburu itu, petugas berhasil menyita satu ekor kuskus putih (kusu), dan dua pucuk senapan angin serta satu kotak peluru ukuran 4,5 mm,” kata Ivan dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kampiun.co.id, Sabtu.

Ia mengatakan petugas juga mengamankan dua buah senter dan satu buah tas yang digunakanuntjk mengisi kuskus hasil buruan.

“Pada hari Sabtu 27 Maret 2021 Pukul 02.30 WIT dini hari Tim Patroli TN Manusela di jalan nasional Trans Seram, telah menangkap tangan pelaku perburuan liar di dalam kawasan TN Manusela,” kata Ivan.

Ia menegaskan dua pemburu satwa liar itu akan diproses secara hukum. Pihaknya akan menyerahkan dua pemburu itu ke Balai Pengamanan dan Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian LHK.

Baca Juga :   Ambon New Port Segera Dibangun, Jokowi: Targetnya 2 Tahun Rampung

“Kedua pemburu ini akan kita proses sesuai hukum yang berlaku,” ujarnya.

Ivan menambahkan aksi perburuan satwa liar di kawasan Taman Manusela sudah berulang kali terjadi. Petugas juga berulang kali menangkap para pemburu satwa liar di kawasan itu.

Sebelumnya, kata Ivan, para pelaku tidak diproses hukum. Balai Taman Manusela hanya mengamankan senjatanya, dan menghukum pelaku untuk menyampaikan pesan-pesan konservasi serta larangan berburu di Taman Nasional Manusela kepada masyarakat di desanha.

“Namun karena imbauan Balai Taman Mansela untuk tidak berburu tidak diindahkan, dan masyarakat Waipia masih terus melakukan perburuan liar di taman nasional, maka kita mulai memproses hukum,” katanya. (KQQ)

Baca Juga :   Dikira Bangkai Hewan Ternyata Jasad Wanita Tanpa Busana, Danu dan Faisal Langsung Kabur

Berita Terkini

Tarawih Pertama di Masjid Alfatah Ambon Dipadati Jamaah, Prokes Tetap Jalan

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Masjid Raya Alfatah Ambon menggelar shalat tarawih perdana menjelang 1 Ramadhan 1442 Hijriah, Senin malam (12/4/2021).Shalat tarawih perdana ini...

Berita Terkait