Ambon New Port Segera Dibangun, Jokowi: Targetnya 2 Tahun Rampung

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah akan membangun dan mengembangkan pelabuhan baru di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Presiden menyebutnya sebagai Ambon New Port yang rencananya akan memiliki luas 700 hektare.

“Jadi pagi hari ini saya khusus datang ke Ambon itu hanya punya satu keperluan. Bahwa kita akan membangun Ambon New Port yang kurang lebih di dalam perencanaan nanti ada 700 hektare,” ujar Jokowi dalam siaran langsung kunjungan ke Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/3/2021).

“Yang itu terintegrasi antara pelabuhan logistik dan pelabuhan perikanan serta industri perikanan ada di satu lokasi,” ungkapnya.

Nantinya, pelabuhan baru itu juga akan dijadikan pusat pertumbuhan industri pengolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Indonesia Timur.

Jokowi menyebut, pengembangan pelabuhan baru tersebut sangat dibutuhkan mengingat pelabuhan khusus perikanan yang sudah ada saat ini telah mencapai kapasitas maksimum.

“Tahun ini akan dimulai pembangunannya dan kita harapkan dalam dua tahun akan selesai,” tegas Jokowi.

“Untuk itu saya minta nanti pelaku-pelaku fisheries industry bisa segera mendaftar dan ikut masuk ke dalam lokasi ini sehingga kita memiliki keyakinan bahwa ini bisa jalan,” katanya.

Baca Juga :   Detik-detik Karyawan Rumah Makan Padang Pilih Melompat dari Lantai 2 Saat Terjebak Kebakaran

Kepala negara pun mengingatkan bahwa potensi perikanan di Maluku sangat besar. Namun, hingga saat ini potensi itu belum teroptimalkan dengan baik.

Jokowi pun menilai pembangunan sebuah fasilitas yang dibutuhkan para pelaku usaha perikanan setempat.

Sehingga dapat memacu produksi perikanan lebih besar lagi memang diperlukan.

Meski demikian, Jokowi menekankan agar rencana dan implementasi dari pembangunan pelabuhan baru tersebut lebih dimatangkan agar nantinya dapat menjadi sebuah percontohan bagi pengembangan pelabuhan modern yang terintegrasi dengan industri perikanannya di daerah-daerah lainnya.

Baca Juga :   Detik-detik Karyawan Rumah Makan Padang Pilih Melompat dari Lantai 2 Saat Terjebak Kebakaran

“Tadi disampaikan oleh Dirut Pelindo mengenai potensi-potensi perikanan. Ada 800.000 ton sebelah sini, kemudian sebelah utara ada 1,2 juta ton, kemudian agak di selatannya ada 2,6 juta ton. Saya kira Ambon New Port ini memang harus,” tambah mantan Wali Kota Solo itu.

Adapun sebelum meninjau Pelabuhan Yos Sudarso, Jokowi terlebih dahulu meninjau jalannya proses vaksinasi massal yang digelar bagi para petugas atau pekerja publik di pelabuhan yang terdiri atas pegawai dari PT Pelni, PT Pelindo, dan KSOP.

Dalam kunjungan itu, sebanyak 50 orang menjalani proses vaksinasi pada Kamis. Pelaksana setempat menargetkan pemberian vaksin kepada 230 penerima vaksin secara keseluruhan di Pelabuhan Yos Sudarso. (KPL)

Berita Terkini

Berita Terkait