Categories
KOTA AMBON

Atasi Banjir, Pemda Kota Cirebon Lakukan Penyedotan di RW 08 Karang Anom

Kota Cirebon -Penyedotan untuk mengurangi banjir di RW 08 Karang Anom, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk. Solusi jangka panjang juga segera diambil Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon untuk atasi banjir di daerah tersebut.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati saat meninjau banjir yang menggenangi rumah warga di RW 08 Karang Anom, menjelaskan untuk jangka panjang segera dilakukan tindakan agar di daerah tersebut tidak selalu dilanda banjir.

“Bisa dengan penyodetan, pengerukan dan lainnya,” ungkap Eti. Hanya saja, karena terkait anggaran menurut Eti akan dilakukan pada APBD perubahan 2021 mendatang. Untuk itu Eti meminta kepada warga dan ketua RW 08 Karang Anom bisa bersabar.

Namun Pemda Kota Cirebon tetap memberikan solusi untuk warga di RW 08 Karang Anom. “Solusi saat ini dengan melakukan penyedotan,” ungkap Eti.

Air yang masih menggenang di sekitar rumah warga disedot menggunakan alat penyedot dan airnya dibuang ke sungai terdekat agar segera mengalir ke laut. Dengan begitu diharapkan bisa mengurangi air yang ada di daerah tersebut.

Pada kesempatan itu Eti juga meminta kepada warga Kota Cirebon untuk meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan ini. “Kesehatan juga harus dijaga,” ungkap Eti.

Sementara itu Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cirebon, Agung Kemal Hasan, ST., MM., menjelaskan untuk mengurangi banjir saat ini digunakan pompa untuk penyedotan.

“Disini merupakan cekungan, jadi air selalu tergenang,” ungkap Agung. Ke depannya, lanjut Agung, mereka bisa melakukan pembelian pompa dan instalasinya serta berbagai solusi yang bisa dilakukan agar tidak selalu terjadi banjir di daerah ini.

“Mudah-mudahan intensitas hujan juga tidak tinggi, sehingga tidak ada genangan lagi,” ungkap Agung.

Sementara itu Ketua RW 08 Karang Anom, Gunawan Sugono, menjelaskan bahwa banjir di daerah mereka terjadi hampir setiap musim penghujan. Gunawan juga berterima kasih kepada Pemda Kota Cirebon yang saat ini sudah memberikan solusi untuk mengatasi banjir di daerah mereka.

“Tapi kami juga minta solusi jangka panjang,” ungkap Gunawan. Sehingga mereka tidak terus menerus dilanda banjir setiap hujan dengan intensitas tinggi turun di Kota Cirebon.(Adv).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *