Categories
KOTA AMBON

Merapi Siaga, TNI-Polri Siapkan Tempat Evakuasi

SEMARANG – Menghadapi status Gunung Merapi yang saat ini Siaga (level III), TNI-Polri telah mempersiapkan segala sesuatunya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam hal ini, Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi mengatakan, bahwa TNI-Polri telah memetakan beberapa tempat rawan.

“TNI-Polri telah memetakan beberapa tempat, kami juga sudah persiapkan tenda bivak manakala nanti terjadi inkalasi Gunung Merapi meningkat,” ujar Kapolda Jateng usai upacara peringatan Hari Pahlawan ke-75 bertempat di TMP Giri Tunggal, Semarang, Selasa (10/11/2020).

Kapolda menjelaskan, saat ini ada sekitar 400 tempat yang dipersiapkan untuk masyarakat yang diprediksi akan bergeser.

“Sudah ada beberapa tempat aula di sekitaran Merapi yang kita dijadikan tempat evakuasi,” jelasnya.

Tak hanya itu TNI-Polri bersama BNPB Provinsi Jateng juga telah membuat tim terpadu untuk memantau daerah-daerah yang ditinggalkan masyarakat.

“Dalam memantau daerah yang ditinggal kita juga mengajak masyarakat, kita tunjuk masyarakat untuk ikut pantau nanti,” ujar mantan Kapolreta Surakarta ini.

Disisi lain, upacara peringatan Hari Pahlawan sendiri dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi, Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji, PJU Polda Jateng, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin.

Meskipun dalam masa pandemi Covid, peringatan hari pahlawan tahun 2020 tetap berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. (Art)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *